Lihat ke Halaman Asli

5 Cm

Diperbarui: 20 Maret 2023   19:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.

Saya Muhammad Fakhri Firdaus, akan menceritakan mengenai sinopsis dan alur cerita dari Film 5Cm, yang sangat disukai dan sangat berkesan setelah ditonton oleh teman saya yaitu Muhammad Rizaluddin, berikut adalah sinopsis dan alur cerita filmnya.

Film dibuka dengan pengenalan tokoh protagonis Zafran (Herjunot Ali) yang menceritakan kisahnya, seorang penyanyi muda yang karirnya jatuh ke dalam jurang, menyebabkan ibunya mengalami tekanan darah tinggi. Sedangkan pemimpin lainnya adalah Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji). Lima dari mereka berteman selama 10 tahun dan tidak pernah melewatkan bahkan 1 akhir pekan tanpa pertemuan. 

Mereka masih menghabiskan akhir pekan bersama dan tempat perlindungan mereka adalah rumah Arial yang indah yang selalu menyediakan semua yang mereka butuhkan, mulai dari makanan, minuman hingga tempat bersantai. Suatu malam setelah makan, Arial mengundang keempat temannya ke rumahnya untuk menghabiskan malam Sabtu. Saat reuni, Genta mengaku senang memiliki teman seperti Arial, Zafran, Riani dan Ian namun Genta juga menyadari bahwa ia tidak memiliki teman dekat selain mereka berlima.

 Kami pikir mereka akan bosan jika berada di waktu yang sama dan melakukan aktivitas yang sama dengan orang yang sama. Genta juga muncul dengan ide pertama untuk memutuskan hubungan selama 3 bulan penuh, agar setiap orang dapat menjelajahi kehidupannya secara mandiri satu sama lain. 

Riani jelas menolak, tapi ketika Ian mengatakan bahwa dia juga butuh waktu untuk menyelesaikan skripsinya dan yang lain ingin mencoba untuk tidak saling berbicara selama mereka bertemu lagi dalam 3 bulan, Riani juga ingin mencoba. Pada akhirnya, malam itu ternyata menjadi malam terakhir mereka bertemu. Mereka akan bertemu lagi tiga bulan kemudian pada 14 Agustus; di tempat misterius yang Genta konfirmasi dan janjikan akan menjadi hal paling membahagiakan yang bisa mereka lupakan berlima. 

Kehidupan Arial, Genta, Ian, Riani dan Zafran kini terpisah tanpa komunikasi apapun. Dari lima ramuan kental tersebut, Ian menjadi yang paling sengsara. Dia benar-benar bingung dan begitu kesepakatan selesai, dia tidak bisa lagi membicarakan keluhannya. Terutama tentang urusan skripsinya yang masih macet dan tidak bisa berjalan dengan baik, sehingga ia menjadi pembimbingnya.
 
Berbeda dengan Ian, Riani juga merasa kesepian. Dia sangat sedih karena kehilangan teman laki-lakinya selama beberapa bulan. Dia bahkan mencoba membuka aplikasi chatting dan berbicara dengan orang asing yang bernama Zafran dan menggunakan nama layar yang sama dengan Riani. Riani mengatakan dia dekat dengan seorang pria tetapi pria yang dia dekati tidak tahu tentang bebek, jadi dia tidak menerima perasaannya. Hal ini menyebabkan Zafran menjawab bahwa Riani harus tetap jalan, namun ketika hendak menekan send muncul gaya yang menyebabkan dia berhenti dan Riani kembali merasa kesepian.

Beberapa bulan yang lalu, Arial yang cantik dan takut secara fisik pada perempuan akhirnya berhasil bertemu dan berkencan dengan seorang gadis cantik yang ditemuinya di gym. Sementara itu, Genta masih sibuk mengejar impiannya untuk sukses memiliki perusahaan event management sendiri. Setelah 3 bulan, mereka bertemu di pelabuhan yang menjadi titik awal perjalanan mereka dari Jakarta menuju Malang dan dilanjutkan ke Puncak Mahameru untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus, dan pendaki lainnya. 

Semua orang dengan senang hati menyambut adik Arial, Dinda (Pevita Pearce) juga. Perjalanan dimulai, ketika mereka berada di kereta, mereka bersama dan Ian memberitahunya bahwa dia telah lulus tesisnya dan dia akan melanjutkan masternya di Manchester. Ketika teman-teman yang lain mendengar hal tersebut, mereka senang sekaligus sedih karena Ian tidak akan hadir. Hubungan Zafran dan Dinda semakin dekat.
 
Sesampainya di Malang, mereka langsung menuju Gunung Semeru untuk mendaki Gunung Mahameru. Perjalanan itu harus dilakukan secepat mungkin agar pada 17 Agustus mereka bisa tiba di tempat pertemuan dan merayakan upacara di sana. Namun ternyata perjalanan menuju puncak tidaklah mudah. Zafran yang akhirnya kakinya terluka karena perjalanan jauh, Ian dan Genta mengalami dehidrasi, Arial mengalami hipotermia sehingga mereka semua harus menetap di dataran tinggi hingga menuangkan air dari batu yang melukai Dinda dan Ian agar semua orang mengira itu miliknya. seorang teman telah meninggal.
 
Setelah berjalan-jalan menikmati pemandangan, akhirnya mereka sampai di Puncak Mahameru. Bersama penduduk setempat dan lainnya, mereka melakukan upacara bendera dengan penuh kearifan dan haru. Mereka berjanji akan selalu mengabdi kepada Indonesia, negara mana yang akan terus mereka jaga sampai mati.

Setelah selesai upacara, akhirnya mereka turun dan singgah di Danau Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru. Saat malam tiba, semua perasaan antara Genta, Riani, Zafran dan Dinda terbuka. Sampai saat ini yang Riani cintai adalah Zafran dan Zafran mengetahui kalau Dinda mencintai Genta.
 
Bertahun-tahun kemudian, janji mereka untuk tetap bersama meski sudah menikah menjadi kenyataan. Pasangan suami istri itu masing-masing membawa istri dan anaknya untuk bermain, sementara Genta akhirnya bisa membalas perasaan Dinda cukup lama hingga mereka berakhir bersama.

Itulah sinopsis dan alur cerita dari Film 5Cm. Mungkin cukup sampai disini, sekian dan terimakasih. 

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakaatuh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline