Lihat ke Halaman Asli

Pannacotta Buah Tin

Diperbarui: 26 Juni 2022   23:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Plumbon (17/02/2022) Mahasiswa Undip yang tergabung dalam tim 1 KKN Tematik Undip 2022 yang berlokasi di Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu mengusung tema “Optimalisasi potensi desa untuk meningkatkan kualitas SDM dengan memanfaatkan buah tin pada Desa Plumbon Tawangmangu”

Buah tin merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di daerah asia timur sampai eropa. Memiliki kandungan yang sangat baik serta rasanya yang manis membuat buah ini cocok untuk menjadi bahan baku dalam segala olahan makanan.

Berdasarkan survey potensi alam di Desa Plumbon, Kebun buah tin merupakan salah satu potensi alam yang berhasil dikembangkan di Desa Plumbon tepatnya di Dukuh Watusambang. Selain menjual buah tin segar, kebun buah tin juga menjual beberapa olahan dari buah tin seperti selai buah tin, sirup buah tin, teh dari ekstrak daun tin, dan yang terkenal adalah Coklat buah tin atau biasa dikenal Cocotin.

Namun sayang, menurut penuturan pak Warta selaku pemilik UMKM Kebun Buah Tin. Harga dari buah tin masih cukup mahal sehingga masih sedikit masyarakat yang mengolah ataupun menjual olahan berbahan dasar dari buah tersebut. Mahalnya harga buah tin diduga karena masih sangat langka perkebunan buah tin yang ada di Indonesia. Kedepannya diharapkan perkebunan buah tin semakin ramai sehingga komiditi dari buah tin juga akan semakin banyak yang mengakibatkan harga jual dari buah tin tersebut akan menurun.

Inovasi pembuatan pannacotta berbahan dasar buah tin merupakan salah satu terobosan bagi dunia kuliner terkhusus dalam bidang dessert. Olahan pannacotta berbahan susu yang lembut ketika dimakan akan semakin lezat jika disandingkan dengan irisan buah tin kering serta sirup buah tin. Sehingga akan menambah rasa manis serta gurih ketika menyantapnya. Tidak lupa kandungan dari pannacotta itu sendiri akan bertambah dikarenakan kandungan buah tin yang sangat kaya akan nutrisi dan gizi.

Penulis             : Muhammad Fajar Adi Saputro (SV/TRKI)

Lokasi KKN   : Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline