Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Faishal Zahzaffa

Freelancer Surveyor and Undergraduate Geodetic Engineering Student at Diponegoro University

Mahasiswa UNDIP Adakan Sosialisasi dan Demonstrasi tentang Pengolahan Limbah Sampah Rumah Tangga dengan Metode Home Decomposer

Diperbarui: 18 Februari 2024   21:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pri

Kalimojosari, Pekalongan (07/02/2024) Mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Program Studi Kesehatan Masyarakat, Hanny Ainnurasyid melakukan program edukasi kepada masyarakat Desa Kalimojosari mengenai pemanfaatan limbah sampah rumah tangga dengan pembuatan home dekomposer.

Permasalahan di Desa Klimojosari terdapat tempat pembuangan sampah yang menumpuk  yang belum diolah secara baik sehingga dapat menyebababkan  polusi. salah satunya limbah rumah tangga, dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah, bahkan membuang sampah sembarangan masih menjadi hal yang lumrah. Akibatnya, banyak sampah yang tersebar di jalan, sampah non organik seperti plastik tercampur oleh sampah organik seperti sisa makanan, hal ini menjadikan sampah sulit untuk dimanfaatkan kembali.

Maka dari itu diperlukan upaya untuk  mengurangi limbah sampah rumah tangga yang dapat di daur ulang. Kegiatan edukasi dilakukan dengan pemaparan materi dan melakukan demonstrasi  pembuatan home dekomposer limbah sampah rumah tangga, dengan menggunkan ember dan pupuk cair atau em4. dan dengan memperbanyak tempat sampah organik dan non organik di setiap tempat atau jalan.

Harapannya dengan adanya kegiatan edukasi ini dapat mengurangi sampah yang menumpuk di TPS yang dapat menimbulkan polusi dan menyadarkan masyarakat  akan pentingnya kebersihan lingkungan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline