Lihat ke Halaman Asli

Muhammad FadliHarun

Universitas Indraprasta PGRI

Kemandirian Belajar dan Konsep Diri yang Dimiliki Siswa dapat Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah

Diperbarui: 14 Juli 2022   09:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Belajar pada dasarnya merupakan suatu usaha agar adanya perubahan, baik perubahan tingkah laku maupun pengetahuan yang dimiliki. Dalam keseharian setiap manusia melakukan perubahan-perubahan menuju ke yang lebih baik, itulah yang disebut proses perubahan yang meliputi keseluruhan tingkah laku manusia. Belajar merupakan suatu proses nyata yang diperoleh dari sekolah maupun diluar sekolah. Proses belajar ini berhubungan erat dengan tingkah laku manusia.

Salah satu yang berhubungan erat dengan proses belajar adalah kemandirian. Kemandirian belajar adalah kemampuan seseorang dalam mewujudkan kehendak atau keinginan secara nyata tanpa bergantung dengan orang lain untuk belajar, dalam hal ini siswa mampu melakukan aktifitas belajar secara mandiri tanpa tuntunan dan paksaan dari guru dalam pembelajaran matematika.

Dalam proses belajar setiap individu memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika, selain faktor kemandirian belajar ada juga faktor konsep diri, yang sangat berpengaruh dalam perkembangan belajar matematika. Konsep diri adalah gambaran, penilaian, dan persepsi seseorang tentang dirinya sendiri yang terbentuk dari pengalaman dan informasi yang diperoleh. Siswa yang memiliki konsep diri yang positif, dia mampu memecahkan masalah. Sebaliknya, siswa yang konsep dirinya negatif, dia tidak mampu memecahkan masalah.

Jadi kemandirian belajar dan konsep diri merupakan faktor penunjang untuk memecahkan masalah matematika. Siswa yang memiliki kemandirian belajar dan konsep diri mampu untuk menghadapi tantangan dan menyelesaikan masalah matematika, serta memiliki kemampuan mental untuk mengurangi pengaruh negatif dari keragu-raguan untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Kemampuan dalam mengambil tindakan tanpa diminta, membuat keputusan secara mandiri, mempertimbangkan segala resiko sebagai bagian dari tanggung jawab atas hasil yang telah diambil sebagai penyelesaiannya.

Sehingga kemandirian belajar dan konsep diri yang dimiliki siswa dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. Dengan kata lain siswa yang memiliki kemandirian belajar dan konsep diri akan memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline