Lihat ke Halaman Asli

Aplikasi Rumah Belajar, Terobosan Cerdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Perpustakaan Digital

Diperbarui: 29 November 2021   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber ilustrasi:belajar.kemdikbud.go.id

Pada masa Pandemi COVID-19 seperti ini banyak siswa menghabiskan waktunya secara sia-sia,Mereka hanya menghabiskan waktu senggang mereka dengan bermain game atau dengan bermalas-malasan.Oleh karena itu,Pentingnya pengawasan dari masing-masing orang tua untuk mengawasi anaknya dalam menghabiskan waktu senggang mereka dengan mencari referensi terkait pembelajaran.

Banyak sekali referensi-referensi belajar yang dapat digunakan oleh siswa-siswi untuk mendukung pembelajaran,meskipun hanya dari rumah.Walaupun demikian,Tak banyak aplikasi-aplikasi yang dapat menarik perhatian untuk digunakan karena sangat mudah untuk diakses oleh siswa-siswi dan juga tentu menyenangkan.Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi"Rumah Belajar" .

Pasti kalian bertanya-tanya Apa itu aplikasi Rumah Belajar ?Nah Aplikasi Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

 Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. Tentunya Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran

Untuk menggunakan aplikasi Rumah Belajar kalian hanya perlu menyiapkan perangkat yang mendukung seperti Smartphone,Komputer,dan Laptop.Kalian tidak perlu membayar untuk menggunakan aplikasi ini karena konten yang disediakan gratis.

Langkah Pertama,Untuk menggunakan aplikasi ini kalian perlu terlebih dahulu mengunduh aplikasi Rumah Belajar pada Playstore.Kemudian,kalian bisa mendaftar menggunakan media sosial seperti Facebook ataupun Email kalian.

Jika sudah,kalian akan menuju ke halaman Beranda.Pada halaman Beranda kalian dapat melihat berbagai fitur yang disediakan yaitu Sumber Belajar,Laboratorium Maya,Bank Soal,Kelas Digital,Buku Sekolah Elektronik,Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan,Peta Budaya,dan Wahana Jelajah Angkasa.

Sumber Belajar

Pada fitur Sumber Belajar ini berisi tentang materi-materi yang mendukung pembelajaran,Adapun jenjang yang tersedia pada fitur Sumber Belajar ini yaitu Paket B,Paket C,SLB,Paket A,Paud,SD,SMP,SMA,SMK.Ada berbagai macam materi yang disediakan mulai dari bahasa sampai dengan matematika.

Laboratorium Maya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline