Lihat ke Halaman Asli

Identifikasi Simbol pada Atlas Berdasarkan Fungsi, Sifat, Bentuk dan Warnanya

Diperbarui: 21 Oktober 2024   11:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1 (Hasil penyalinan atlas Provinsi Sulawesi Tenggara di kertas kalkir)

Mahasiswa S1 Geografi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat

Nama                  : Muhammad Fadhilah

NIM                     : 2410416110009

Kelas                   : A

Mata Kuliah     : Kartografi

Dosen                 : Dr. ROSALINA KUMALAWATI, S.Si.,M.Si

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan simbol-simbol kecil yang ada pada atlas, tapi tahukah anda bahwa simbol-simbol tersebut memiliki fungsi agar kita dapat memahami kondisi geografis suatu wilayah tanpa perlu mengunjunginya secara langsung. Pada atlas Provinsi Sulawesi Tenggara, terdapat berbagai simbol yang memiliki makna tertentu, seperti simbol yang menggambarkan gunung, sungai, pelabuhan dan lainnya yang disusun berdasarkan fungsi, sifat, bentuk, dan warna.

Dalam Mata Kuliah Kartografi yang diampu oleh Dosen Dr. Rosalina Kumalawati, S.Si., M.Si. Saya Muhammad Fadhilah dengan NIM 2410416110009, dari kelas A Program Studi Geografi angkatan tahun 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat, melakukan identifikasi simbol-simbol yang ada pada atlas Provinsi Sulawesi Tenggara berdasarkan fungsi, sifat, bentuk dan warnanya.

Tujuan dari artikel ini adalah untuk menjelaskan bagaimana identifikasi simbol-simbol yang ada pada atlas yang telah saya salin berdasarkan fungsi, sifat, bentuk dan warnanya. Memiliki pemahaman yang dalam mengenai klasifikasi simbol-simbol pada atlas, akan memudahkan kita dalam membaca peta dan memahami informasi geografis yang ada. Simbol-simbol yang ada pada peta tidak hanya sekadar simbol biasa, melainkan representasi dari elemen-elemen penting di dunia nyata, baik yang bersifat alami seperti gunung dan sungai, maupun elemen buatan seperti bandara, pelabuhan, dan batas administrasi. Memahami simbol-simbol yang ada pada atlas ini sangat penting agar kita dapat memanfaatkan atau menggunakan atlas secara efektif dalam studi maupun penelitian yang membutuhkan atlas.

Identifikasi Simbol Berdasarkan Fungsi

Simbol-simbol pada peta dirancang sesuai dengan fungsinya, yaitu untuk merepresentasikan berbagai unsur-unsur yang ada di permukaan bumi, baik di daratan, di wilayah perairan, maupun unsur budaya manusia. Jika dilihat berdasarkan fungsinya, simbol pada peta dapat dibagi menjadi beberapa kategori sebagai berikut:

  • Simbol Daratan: Digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur di permukaan bumi yang berada di daratan.
  • Simbol Perairan: Digunakan untuk menunjukkan unsur-unsur perairan.
  • Simbol Budaya: Digunakan untuk mewakili hasil dan bentuk dari unsur kebudayaan manusia.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline