Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Fadhil

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Pembelajaran Matematika Berbasis Digital di SDN Mandung

Diperbarui: 18 Agustus 2021   13:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

MAHASISWA KKN UNDIP AJAK SISWA SDN MANDUNG BELAJAR MATEMATIKA DI ALAM TERBUKA

Wedung Demak, (11/06). Kondisi pandemi yang sampai sekarang belum berakhir, membuat dunia Pendidikan masih melakukan kegiatan pembelajaran secara luring. Salah satunya yang dirasakan oleh SDN Mandung yang masih melakukan pembelajaran jarak jauh. Tentunya dengan adanya pembelajaran jarak jauh ini tingkat pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan guru cukup terbatas. Salah satu pelajaran yang dirasa cukup sulit bagi siswa adalah pelajaran matematika.

Dalam situasi seperti sekarang, Kepala Sekolah SDN Mandung belum memperbolehkan siswanya melakukan pembelajaran tatap muka sehingga masih dilaksanakan pembelajaran secara daring. Sistem pembelajaran daring di SDN Mandung melalui grup WhatsApp dimana untuk tugas yang diberikan oleh guru pamong dikirimkan melalui grup tersebut lalu dikumpulkan setiap seminggu sekali. Dengan keadaan yang serba terbatas dan tidak semua guru dapat mendampingi siswa-siswinya belajar bahkan Sebagian besar yang mengerjakan tugas para siswanya adalah orangtua siswa, sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi dan tugas yang diberikan.

Muhammad Fadhil salah satu mahasiswa Matematika Undip yang sedang melakukan KKN di SDN Mandung yang tergabung dalam program Kampus Mengajar 1 membantu guru di SDN mandung melalui "Pembelajaran Berbasis Media Digital".

Dok. pribadi

Pembelajaran matematika berbasis digital ini adalah berbentuk video pembelajaran matematika yang menarik sehingga dapat membantu guru dan mempermudah siswa SDN Mandung dalam belajar. Video tersebut dapat ditonton melalui aplikasi YouTube sehingga siswa dapat memutar video tersebut kapanpun dan dapat dipelajari secara berulang-ulang sehingga mempermudah siswa dalam belajar matematika.

Penulis : Muhammad Fadhil




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline