Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Diyan

Seorang tenaga Pendidik pembelajaran ALQURAN

Strategi dalam Proses Pembelajaran

Diperbarui: 13 Juli 2021   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

STRATEGI PEMBELAJARAN.

Secara umum, strategi dapat didefinisikan sebagai metode atau prosedur yang dipilih dari sekian alternatif untuk menyelesaikan tugas kognitif tertentu [tujuan], yang digunakan secara sengaja dan secara simultan (Kruse & Schmitt, 2001). Akdeniz (2016, hal. 62), menjelaskan bahwa strategi pembelajaran sebagai pendekatan dan metode yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan. Tujuannya adalah agar siswa mencapai tujuan pembelajaran.

Strategi pembelajaran umumnya mengacu pada pendekatan tertentu dan akan mengarahkan pada penentuan jenis metode, teknik, taktik dan peralatan. Metode pembelajaran sendiri diartikan sebagai kegiatan khusus untuk menciptakan lingkungan kelas dengan mempertimbangkan komponen-komponen yang akan mempengaruhi pembelajaran serta disesuaikan dengan tujuan dan fitur dari materi yang dipelajari agar pembelajaran yang berkualitas baik terjadi sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditargetkan.

Teknik pembelajaran adalah cara penggunaan semua sumber daya mental dan fisik secara sadar, soliter, dan aktif untuk mewujudkan suatu kegiatan pembelajaran. Teknik pembelajaran melibatkan aturan, prosedur, alat, dan keterampilan yang digunakan guru untuk melaksanakan pembelajaran secara efektif, membuat siswa belajar dengan mudah.

Taktik Pembelajaran diartikan sebagai urutan langkah pembelajaran, dari awal sampai akhir. Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), kita menjelaskan secara rinci kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Ketiganya termasuk komponen dari taktik pembelajaran (Sever, 2016, hal. 233).

Ada beberapa strategi pembelajaran yang bisa kita aplikasikan diantaranya Strategi Pembelajaran Generatif,Strategi Pembelajaran Langsung ( Direct Instruction),Strategi Pembelajaran 9 peristiwa Belajar(NINE EVENTS OF INSTRUCTION),Strategi pembelajaran Pencapaian Konsep,Strategi Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning),Pembelajaran penguasaan(Mastery learning).

A. KONSEP PEMBELAJARAN GENERATIF

Dalam pembelajaran generatif, pemrosesan kognitif pelajar memainkan peran sentral. Belajar bukan hanya proses menambahkan informasi ke memori, tetapi mengintegrasika dan mengaturnya sehingga mudah dipanggil kembali saat dibutuhkan.

Selain itu, faktor pengetahuan sebelumnya memainkan peran sentral dalam pembelajaran generatif. Dalam pembelajaran Generatif ini ada beberapa praktik belajar diantaranya Meringkas,Memetakan,Membandingkan.

B. KONSEP STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG (Direct Instruction).

Pembelajaran langsung (direct instruction, DI) adalah strategi pembelajaran yang menerapkan prinsip pendekatan behaviorism. Behaviorism memandang bahwa belajar terjadi dalam bentuk perubahan perilaku (behavior) sebagai tanggapan (respons) atas stimulus dan pemberian penguatan (feedback) (Guey, Cheng, & Shibata, 2010; W. O'Donohue & F. Kitchener, 1999). Perilaku yang diinginkan dinyatakan sebagai tujuan pembelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline