Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Menghadapi Kondisi Perekonomian yang Sulit: Bagaimana Cara Tetap Produktif Meskipun Tidak Ada Pekerjaan?

Diperbarui: 10 Oktober 2024   12:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kerja sampingan di rumah (sumber gambar: freepik)


Saat ini, banyak orang yang merasa terpuruk di tengah kondisi perekonomian yang sulit. Banyak perusahaan melakukan pemotongan pekerjaan atau bahkan gulung tikar, sehingga menyebabkan banyak orang kehilangan penghasilan. 

Tak heran jika banyak yang merasa putus asa dan merasa tidak tahu harus mulai dari mana. Namun, di balik kondisi sulit ini, masih ada banyak peluang yang bisa diambil untuk tetap produktif meskipun tidak punya pekerjaan tetap. 

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Penuhi Waktu Luang Anda dengan Kegiatan Produktif

Saat tidak memiliki pekerjaan, jangan biarkan diri Anda terlena dengan kebosanan. Anda juga perlu menjaga kesehatan fisik dan mental Anda agar tetap fit dan sehat dalam menghadapi kondisi sulit ini. Anda bisa mulai dengan cara :

  • Berolahraga Secara Teratur. Olahraga bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Selain itu, dengan olahraga, Anda juga bisa menghilangkan stres dan kecemasan akibat kondisi sulit yang sedang dihadapi. Cobalah untuk berjalan-jalan di lingkungan sekitar Anda atau melakukan olahraga ringan seperti yoga dan pilates.
  • Menjaga Pola Makan Yang Sehat. Pola makan yang sehat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Hindari makanan cepat saji dan perbanyak asupan makanan yang mengandung nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, dan protein sehat. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik.
  • Bergabung Dengan Komunitas Yang Sama. Anda bisa bergabung dengan grup atau komunitas online yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan Anda. Menjalin hubungan sosial seperti ini bisa membantu menghilangkan kebosanan dan pada saat bersamaan bisa juga menambah pengalaman dan keterampilan. Selain itu, bergabung dengan komunitas untuk memperluas jaringan serta membuka peluang besar untuk mendapatkan informasi atau pekerjaan baru.

2. Lakukan Pekerjaan Sampingan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mencari pekerjaan sampingan yang sesuai dengan bakat atau talenta yang Anda miliki. Pekerjaan sampingan bisa menjadi cara yang efektif dalam meningkatkan penghasilan, memperluas jaringan, dan juga menyediakan peluang baru. Berikut adalah tips yang bisa membantu ketika mencari pekerjaan sampingan:

  • Cari Pekerjaan Sampingan yang Sesuai dengan Bakat atau Keterampilan Anda. Cara terbaik untuk mencari pekerjaan sampingan adalah dengan mencari jenis pekerjaan yang sesuai dengan bakat atau keterampilan Anda. Misalnya jika Anda memiliki bakat dalam menulis, maka mencari pekerjaan sebagai penulis bebas adalah cara yang tepat. Dengan begitu tidak hanya mempertajam bakat atau keterampilan yang dimiliki, tetapi juga berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan.
  • Mencari pekerjaan sampingan di Bidang yang serupa dengan Pekerjaan Tetap Anda. Jika Anda masih mendapatkan penghasilan tetap, maka mencari pekerjaan sampingan di bidang yang serupa dengan pekerjaan tetap tersebut adalah cara yang lebih baik. Misalnya jika Anda bekerja di bank, maka mencari pekerjaan sampingan di bidang perbankan akan lebih mudah. Dengan begitu, kemampuan yang telah Anda kembangkan dalam pekerjaan tetap bisa diterapkan dalam pekerjaan sampingan.
  • Mencari Pekerjaan Sampingan yang Fleksibel. Jangan lupakan fleksibilitas saat mencari pekerjaan sampingan. Pilih pekerjaan sampingan yang cocok dengan waktu luang yang Anda miliki. Misalnya pekerjaan sebagai driver online seperti Grab atau Gojek, yang bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu kerja yang pasti.
  • Libatkan Jaringan. Cari pekerjaan sampingan melalui jaringan teman atau kolega yang di mana mereka bekerja. Bisa jadi mereka mempunyai informasi peluang sampingan sesuai minat atau bakat yang Anda Miliki.
  • Reputasi dan Ulasan. Memiliki reputasi yang baik dan ulasan positif di job marketplace atau di kantor freelance akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan turunan. Beri yang terbaik dan hasil kerja Anda memuaskan klien yang akan memberikan ulasan positif dan juga membagikan pengalaman baik tersebut kepada orang lain.

3. Tingkatkan Keterampilan Anda

Di tengah kondisi sulit seperti sekarang ini, meningkatkan keterampilan yang dimiliki adalah tantangan yang harus dihadapi oleh siapa saja yang ingin sukses di masa depan. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan keterampilan dan meraih kesuksesan di masa depan:

  • Tingkatkan Kemampuan Berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan di dunia kerja. Keterampilan ini akan sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas kerja. Agar kemampuan ini semakin meningkat, Anda bisa mengikuti pelatihan atau kursus untuk meningkatkan kemampuan berbicara, menulis dan mempresentasikan.
  • Pelajari Keterampilan Baru. Saat ini, dunia kerja sedang mengalami perubahan yang besar, dan keterampilan yang dibutuhkan juga semakin beragam. Untuk itu, selalu berusaha memperkaya diri dengan mempelajari keterampilan baru yang sesuai dengan passion Anda. Misalnya, pelajari keterampilan pemrograman, desain grafis, atau manajemen proyek.
  • Mengikuti Pelatihan Online dan Offline. Pelatihan adalah cara yang efektif dalam meningkatkan keterampilan. Anda bisa mengikuti pelatihan online atau offline sesuai dengan bidang yang ingin dikuasai. Dengan pelatihan, Anda bisa mendapatkan sertifikat yang akan memperkaya portofolio Anda.
  • Praktikkan Kemampuan Keterampilan yang Telah Dikuasai. Praktikkan kemampuan baru yang sudah dipelajari agar bisa mengasah keahlian dengan tepat. Anda bisa mengikuti projek dari komunitas yang akan memberikan pengalaman dan keahlian baru yang bisa diaplikasikan pada pekerjaan Anda.
  • Terbuka Terhadap Kesempatan Baru. Kesempatan selalu ada, terbuka luas dan bekerja tanpa prasangka. Jadilah pribadi yang mudah diajak bekerja sama. Dengan terbuka, Anda bisa berkesempatan untuk bertemu dengan orang-orang baru, mendapatkan kesempatan baru, dan meningkatkan jaringan kerja.

4. Berpikir Kreatif dan Berinovasi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline