Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Kolak Jagung Manis sebagai Menu Penutup Sehat dan Praktis

Diperbarui: 28 September 2024   13:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kolak jagung manis (sumber gambar: akun Facebook/ Nice dreams)

"Kolak jagung manis adalah salah satu hidangan penutup khas Indonesia yang menggunakan bahan utama jagung yang manis."

Hidangan ini seringkali disajikan untuk merayakan momen-momen tertentu seperti hari raya Idul Fitri atau perayaan-perayaan lainnya bersama keluarga dan teman. Selain rasanya yang lezat, kolak jagung juga mudah dan praktis dalam pembuatannya.

Karena semakin banyak masyarakat yang peduli akan kesehatan, banyak restoran, kafe, dan toko makanan yang juga memperhatikan hal ini dengan menyajikan hidangan yang sehat dan bergizi. Kolak jagung manis pun bisa menjadi salah satu alternatif menu sehat yang cocok untuk dikonsumsi di manapun dan kapanpun.

Selain itu, dengan membuat kolak jagung manis sendiri di rumah, kita dapat mengontrol jumlah gula dan santan yang digunakan dalam hidangan ini. Hal ini sangat penting bagi mereka yang menghindari asupan gula dan lemak berlebihan dalam pola makan mereka. Dalam beberapa resep kolak jagung manis, bahkan terdapat variasi bahan pengganti gula seperti stevia atau madu.

Tidak hanya itu, dengan membuat kolak jagung manis sendiri, kita juga dapat menyesuaikan dengan selera masing-masing, seperti penambahan kacang atau buah-buahan lainnya. Kreativitas dalam memasak dapat diaplikasikan pada hidangan kolak jagung manis ini, sehingga dapat menjadi variasi menu penutup yang selalu membuat lidah ingin bergoyang.

Cara membuat hidangan penutup kolak jagung manis memang cukup mudah dan praktis. Selain itu bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah resep dan langkah-langkah pembuatan kolak jagung manis:

Bahan-bahan:

  • 250 gr jagung manis yang sudah dipipil
  • 400 ml santan dari dua butir kelapa
  • 200 gr gula merah, disisir halus
  • 1 lembar daun pandan, dibuat simpul
  • 1/4 sdt garam

Langkah-langkah:

  • Rebus jagung manis dalam air mendidih selama 5-10 menit hingga jagung matang dan empuk.
  • Buang air rebusan jagung, lalu masukkan santan, gula merah, dan daun pandan ke dalam panci. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga gula merah larut dan santan mendidih.
  • Setelah itu, masukkan jagung manis ke dalam panci, tambahkan garam, aduk hingga rata dengan santan dan bumbu. Masak selama 5-10 menit hingga bumbu meresap dan tercampur merata.
  • Angkat kolak jagung manis dan biarkan selama beberapa menit agar tidak terlalu panas saat disajikan.
  • Kolak jagung manis siap untuk disajikan sebagai hidangan penutup sehat dan lezat.

Tips: Tambahkan sedikit air apabila santan terlalu kental, atau tambahkan sedikit tepung maizena untuk mengentalkan kolak jagung manis jika terlalu cair.

Selain dengan bahan utama jagung manis, variasi dalam pembuatan kolak jagung manis dapat dilakukan dengan menambahkan bahan-bahan lainnya seperti kolang-kaling, pisang raja, atau ketan hitam.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline