Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Menu Sehat dengan Mengolah Ceker Ayam yang Menggugah Selera

Diperbarui: 27 September 2024   18:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi sop ceker ayam (sumber gambar: Akun Facebook/ Aneka Masakan Harian)

"Makanan yang sehat tidak selalu membosankan, Anda bisa membuat makanan sehat dengan bahan-bahan yang biasa saja."

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak orang yang tidak memperhatikan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Padahal, asupan nutrisi yang cukup sangat penting bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi makanan yang sehat bukan berarti harus mahal atau sulit ditemukan. 

Salah satu bahan makanan yang sering dianggap kurang bergizi tetapi sebenarnya kaya akan nutrisi adalah ceker ayam. Untuk menyajikan ceker ayam dengan cara yang sehat dan bergizi, Anda bisa mengolah makanan ini dengan cara yang tepat sehingga bisa menjadi menu sehat yang nikmat. 

Berikut ini adalah beberapa ide cara mengolah ceker ayam menjadi menu sehat yang menggugah selera:

1. Soup Ceker Ayam 

Sup ceker ayam merupakan salah satu pilihan menu sehat yang cocok untuk dimakan di waktu makan siang atau malam. Sup ceker ayam ini mengandung nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia seperti protein, kalsium, dan kolagen. Selain itu, rasanya yang gurih dan hangat juga akan membuat tubuh Anda merasa rileks dan tenang ketika mengonsumsinya.

Untuk membuat sup ceker ayam ini terasa nikmat, Anda bisa menambahkan beberapa bahan seperti wortel, kentang, dan jagung ke dalam sup tersebut. Selain itu, beberapa rempah seperti merica, lada, dan garam juga bisa Anda gunakan untuk menambahkan rasa pada sup ceker ayam tersebut.

Cara membuat sup ceker ayam pun cukup mudah. Pertama, rebus ceker ayam di dalam air yang telah diberi garam dan bawang bombay hingga empuk. Kemudian, masukkan wortel, kentang, dan jagung ke dalam air rebusan tersebut hingga sayuran tersebut matang. Selanjutnya, tambahkan merica dan lada sesuai dengan selera Anda. Sup ceker ayam siap dihidangkan dengan taburan daun seledri dan sambal untuk memberikan rasa yang lebih segar.

2. Crispy Ceker Ayam 

Ceker ayam juga bisa diolah menjadi camilan yang sehat dan lezat, yaitu crispy ceker ayam. Camilan ini dipanggang hingga renyah dan disajikan dengan saus sambal atau saus tomat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline