Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Indonesia sebagai Terget Pasar Baru YouTube oleh Konten Kreator Global

Diperbarui: 26 September 2024   22:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Input target pasar Baru YouTube indonesia (sumber gambar: Blog Google, Blog YouTube via kompas.com)

"Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna internet tercepat di dunia. Hal ini sangat mempengaruhi perkembangan platform video berbagi, termasuk YouTube."

Meskipun YouTube memang telah digunakan secara aktif oleh masyarakat di Indonesia selama bertahun-tahun, baru-baru ini platform ini semakin populer sebagai sumber hiburan dan inspirasi bagi banyak orang di seluruh negeri.

Pertumbuhan pengguna internet yang tinggi di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai tempat yang menarik bagi konten-kreator asing untuk mengeksplorasi pasar Indonesia. Dari tahun ke tahun, semakin banyak konten-kreator asal luar negeri yang tertarik untuk mencari tahu tentang tayangan YouTube di Indonesia dan bahkan membuat konten yang ditargetkan khusus untuk penonton di Indonesia.

Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengumumkan jumlah pengguna internet Indonesia tahun 2024 mencapai 221.563.479 jiwa dari total populasi 278.696.200 jiwa penduduk Indonesia tahun 2023. (Sumber: apjii.or.id). Dan data penggunaan media sosial tahun 2024 menurut databoks.katadata.co.id. Platform Youtube 139 juta pengguna (53,8% dari populasi). (Sumber: rri.co.id). Hal ini menunjukkan besarnya pasar dan potensi yang dimiliki Indonesia untuk YouTube.

Karena fenomena sukses tersebut, banyak konten-kreator asing mulai memperhatikan hal ini sebagai kesempatan untuk memperluas cakupan pasar mereka, terutama di Indonesia. Misalnya, sekarang ini banyak YouTuber asing yang menghadirkan konten-konten berbahasa Indonesia dalam channel mereka agar dapat menjangkau lebih banyak penonton di Indonesia. 

Selain itu, kemampuan YouTuber lokal untuk menciptakan konten yang kreatif dan inovatif telah membuka mata konten-kreator asing bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat menjanjikan.

Tidak hanya itu, beberapa brand juga mulai melirik Indonesia sebagai target pemasaran karena besarnya potensi pasar YouTube di Indonesia. Brand-brand tersebut bekerjasama dengan konten-kreator lokal dan asing untuk menghasilkan konten yang menarik sehingga brand awareness dan loyalitas pengguna dalam membeli produk meningkat.

Fenomena ini juga membuka kesempatan bagi penonton YouTube dalam menentukan tren dan memilih konten yang berkualitas untuk mereka tonton. Bagi YouTuber lokal, keberhasilan mereka dalam meraih banyak penggemar telah memacu mereka untuk terus berkembang seiring dengan pesatnya pertumbuhan YouTube di Indonesia.

Di sisi lain, bagi konten-kreator asing, berkolaborasi dengan YouTuber lokal adalah strategi yang cukup dikenal dalam meraih audiens baru di negara target. Dengan berkolaborasi, konten-kreator asing dapat mengakses pasar lokal dan membangun kredibilitas mereka di pasar asing, sementara YouTuber lokal dapat meningkatkan keterpaparan mereka dan mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan diri ke pasar global.

Faktor utama mengapa konten-konten dalam bahasa Korea dan Jepang sedang populer di kalangan penonton Indonesia adalah karena budaya kedua negara tersebut memiliki ketertarikan yang besar di kalangan masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, kepopuleran para bintang K-Pop dan Drama Korea juga telah mendorong semakin banyaknya permintaan akan konten-konten Korea di Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline