Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Budaya Bullying di Media Sosial: Bagaimana Menekan Perilaku Negatif Ini?

Diperbarui: 15 September 2024   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi korban bullying di medsos (sumber gambar: freepik)

"Popularitas media sosial semakin meningkat di seluruh dunia, sehingga pemilik akun media sosial telah menjadikan platform ini sebagai alat untuk berinteraksi, mencari informasi, berbagi pengalaman dan kegiatan sehari-hari, serta untuk mempromosikan brand atau produk tertentu."

Namun, sayangnya, media sosial juga sering kali dijadikan tempat untuk membully atau mencaci maki orang lain.

Budaya bullying di media sosial semakin menjadi perhatian utama, dengan munculnya berbagai akun dan grup media sosial yang bertujuan untuk merendahkan dan mempermalukan orang lain. Perilaku ini tidak hanya menimbulkan rasa sakit hati dan penderitaan mental pada orang yang diperlakukan seperti itu, tetapi juga dapat memengaruhi kesehatan mental mereka dan berakibat pada dampak sosial yang lebih luas.

Budaya ini ada di mana-mana - dari komentar yang kasar dan melecehkan hingga meme dan hashtag yang mengandung kata-kata kasar, kata-kata diskriminatif seperti bullying homofobia, dan dokumen yang akan mengekspos atau mempermalukan seseorang. Dalam beberapa kasus, bullying online telah menyebabkan penganiayaan fisik.

Namun, ada cara untuk menekan perilaku negatif ini. Berikut adalah beberapa cara untuk menghentikan budaya bullying:

1. Berbicara tentang bullying

Orang-orang harus mampu berbicara terbuka tentang budaya bullying di media sosial dan bagaimana perilaku negatif ini memengaruhi kesehatan mental dan masyarakat pada umumnya. 

Budaya bullying dapat memicu masalah kecemasan, depresi, dan dapat menimbulkan perasaan terisolasi dan kesepian. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk dapat mengatasi budaya bullying ini dengan memulai percakapan terbuka dan mengedukasi orang lain tentang bagaimana perilaku ini dapat memengaruhi kesehatan mental kita.

Dalam konteks masyarakat, budaya bullying di media sosial dapat menghasilkan lingkungan sosial yang tidak menyenangkan dan tidak sehat. Hal ini dapat merusak interaksi sosial yang biasanya baik-baik saja dan menimbulkan perpecahan antar kelompok masyarakat. 

Dengan berbicara terbuka tentang budaya ini dan mengedukasi orang lain tentang dampaknya, kita dapat mempersatukan masyarakat dan memperkuat keterikatan sosial antara sesama.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline