Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Jangan Nganggur Terlalu Lama, Coba Pekerjaan Setengah Hari Saja

Diperbarui: 28 Agustus 2024   15:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi bosan dirumah akibat terlalu lama nganggur (sumber gambar: freepik)


Nganggur terlalu lama dapat membuat banyak orang merasa bosan dan tidak berguna. Selain itu, hal ini dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental seseorang. 

Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan opsi pekerjaan yang tepat dan menghindari nganggur terlalu lama.

Salah satu solusinya adalah mencoba pekerjaan setengah hari. Selain memberikan fleksibilitas waktu, pekerjaan setengah hari juga memiliki beberapa keuntungan lainnya seperti:

  • Mengurangi stres: Pekerjaan setengah hari memberikan waktu yang lebih santai dan kurang menekan sehingga dapat membantu mengurangi tingkat stres yang dihadapi. Dengan waktu yang lebih banyak, seseorang dapat lebih mudah menghindari pekerjaan yang membebani.

  • Menjaga keseimbangan kehidupan: Dengan adanya waktu luang lebih banyak, seseorang dapat menjaga keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dan keseharian. Artinya, seseorang akan dapat lebih mudah membagi waktu untuk pekerjaan, keluarga dan aktivitas sosial.

  • Melatih disiplin diri: Dalam pekerjaan setengah hari, waktu bekerja terbatas sehingga seseorang harus memanfaatkan waktu with maksimal. Hal ini dapat menjadikan seseorang lebih disiplin dan efektif dalam beraktivitas.

  • Memperluas jejaring: Melalui pekerjaan setengah hari, seseorang akan bertemu dengan berbagai macam orang dan lingkungan baru. Hal ini dapat membantu seseorang memperluas jejaring dan membangun hubungan dan koneksi baru yang mungkin berguna suatu saat nanti.

Dalam memilih pekerjaan setengah hari, pastikan untuk memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion serta memiliki upah yang cukup. Jangan hanya memilih pekerjaan setengah hari karena ingin menghindari rutinitas atau kebosanan. Selain itu, pastikan untuk mengikuti jadwal pekerjaan dengan baik dan tidak mengabaikan kewajiban serta pekerjaan yang menjadi tanggung jawab.

Pilihan pekerjaan setengah hari yang bervariasi menjadikan seseorang lebih leluasa memilih pekerjaan yang sesuai dengan passion, keahlian, dan minat. Beberapa jenis pekerjaan setengah hari yang cocok bagi seseorang yang ingin mengisi waktu luang, antara lain:

  • Pekerjaan Kantor: Pekerjaan kantor seperti customer service, marketing, administrasi, dan lain-lain, dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin bekerja setengah hari. Pekerjaan kantor biasanya memerlukan jam kerja yang fleksibel sehingga cocok untuk dipadukan dengan kegiatan lainnya.

  • Pekerjaan Part-time: Sama halnya dengan pekerjaan kantor, pekerjaan part-time juga memungkinkan seseorang untuk bekerja beberapa jam dalam sehari. Pekerjaan part-time umumnya terdapat pada bidang jasa seperti barista, kasir, kebersihan, dan lain-lain.

  • Freelance: Jika seseorang ingin lebih fleksibel dalam berkerja maka menjadi seorang freelance bisa menjadi pilihan yang tepat. Seorang freelancer dapat memilih jam kerja yang sesuai dengan waktu luang dan kebutuhan klien. Terdapat banyak platform, seperti Upwork, Fiverr, dan sejenisnya, yang menyediakan pekerjaan freelance.

  • Bisnis Sampingan: Pekerjaan setengah waktu juga dapat menjadi peluang untuk memulai bisnis sampingan. Bisnis sampingan yang dapat dilakukan misalnya menjual produk atau jasa, mengajar, atau menjalankan hobi seperti membuat kerajinan tangan.

Pekerjaan setengah waktu juga dapat membantu seseorang menambah pendapatan bulanan. Meskipun pekerjaan setengah waktu biasanya membayar lebih rendah daripada pekerjaan full-time, tetapi pendapatan tambahan itu bisa cukup signifikan.

Pendapatan tambahan dari pekerjaan setengah waktu sangat berguna bagi seseorang yang ingin menabung, membayar tagihan, atau menambah penghasilan untuk persiapan masa depan, seperti telah menabung untuk liburan, pendidikan, pensiun, dan sebagainya.

Selain itu, pendapatan tambahan dari pekerjaan setengah waktu dapat memberikan keamanan finansial pada seseorang. Meningkatnya penghasilan dari pekerjaan setengah waktu juga dapat memberikan rasa percaya diri pada diri sendiri dan membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang dan keluarganya.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan batas-batas waktu dan jangan pernah mengabaikan waktu yang harus digunakan untuk istirahat. Terlalu sibuk dengan pekerjaan setengah waktu juga dapat berdampak buruk pada fisik dan mental seseorang.

Sebelum memilih pekerjaan setengah waktu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa meminimalisir risiko dan memberikan pengalaman kerja yang lebih menyenangkan dan bermanfaat. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain:

  • Upah yang Ditawarkan: Pastikan untuk memperkirakan berapa banyak penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan setengah waktu yang akan dipilih. Pertimbangkan upah per jam, jumlah jam kerja, transportasi, dan tunjangan lainnya yang mungkin diterima. Pastikan juga untuk mengetahui kebijakan perusahaan terkait upah dan besaran gaji satu bulan.

  • Lingkungan Kerja yang: Kondusif Faktor lingkungan kerja juga sangat penting saat memilih pekerjaan setengah waktu. Pastikan kantor atau lingkungan kerja nyaman, bersih, dan aman serta memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja. Hal ini akan sangat membantu dalam memperbaiki kualitas hidup sehari-hari.

  • Pekerjaan yang Sesuai dengan Kemampuan: Pastikan pekerjaan setengah waktu yang dipilih sesuai dengan keahlian, minat, dan bakat. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih mudah dan menyenangkan. Pastikan juga untuk memperhatikan tanggung jawab, tugas, dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan.

  • Kesesuaian dengan Waktu Luang yang Ada: Pastikan untuk memperkirakan berapa banyak waktu yang tersedia untuk bekerja dan carilah pekerjaan setengah waktu yang cocok dengan jadwal Anda. Misalnya jika Anda sedang kuliah, maka berkerja sebelum atau setelah kuliah bisa menjadi pilihan yang tepat. Pastikan jadwal kerja tidak mengganggu kegiatan lainnya, seperti kuliah, kegiatan sosial, atau hobi.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline