Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Meningkatkan Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Langkah-langkah Konkrit yang Bisa Dilakukan

Diperbarui: 5 Agustus 2024   05:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tujuan 3 dalam SDGs Kehidupan Sehat dan Sejahtera (sumber: bappeda.jogjaprov.go.id)


Meningkatkan kualitas hidup dan mempromosikan kesehatan dan kemakmuran adalah tujuan penting dalam SDGs ke-3. 

Salah satu elemen penting dalam SDGs ke-3 adalah pencapaian Universal Health Coverage(UHC) atau akses kesehatan yang merata dan terjangkau bagi seluruh penduduk dunia. Hal ini mencakup layanan kesehatan dasar, ketersediaan obat-obatan dan vaksin, dan upaya untuk mencegah penyebaran penyakit yang bisa dicegah dan dikendalikan.

Namun, pencapaian UHC bukan hanya tentang memastikan semua orang dapat mengakses layanan kesehatan, tetapi juga mencakup upaya-upaya untuk mendorong perilaku hidup sehat, yang merupakan kunci dari kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang. 

Berikut ini beberapa tindakan konkrit yang bisa dilakukan untuk meningkatkan gaya hidup sehat dan sejahtera:

1. Makan makanan yang berkualitas

Konsumsilah makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Makanan yang seimbang dan kaya nutrisi adalah bagian penting dari kesehatan yang didambakan. Sebuah pola makan yang sehat harus mencakup berbagai jenis makanan yang memberikan nutrisi yang berbeda-beda, seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan biji-bijian.

Makanan yang sehat dan seimbang tidak hanya menyediakan energi yang cukup untuk Anda melakukan aktivitas sehari-hari, tetapi juga membantu tubuh untuk menunjang sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Mengonsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi risiko terkena berbagai penyakit dan memperbaiki kualitas hidup secara keseluruhan.

Beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat antara lain:

  • Konsumsi Sayuran dan Buah-Buahan: Usahakan untuk mengonsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah-buahan setiap harinya. Semakin banyak warna dalam makanan tersebut, semakin banyak nutrisi yang bisa didapat.
  • Pilih Makanan Sehat: Pilihlah makanan yang sehat, seperti ikan yang dikonsumsi bersama buah dan sayuran. Hindari makanan dengan lemak yang jenuh dan gula berlebihan.
  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi: Pastikan tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Untuk itu, usahakan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang dan mengandung protein, lemak, karbohidrat, dan serat.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan jasmani, tetapi juga dapat memperkuat kesejahteraan mental Anda. Dengan melibatkan diri dalam olahraga secara teratur, Anda dapat meningkatkan kekuatan fisik dan menghilangkan kelelahan mental.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline