Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Dahron

TERVERIFIKASI

Karyawan

Meningkatkan Rasa Bangga dan Cinta Tanah Air Melalui Lomba-lomba Unik di Setiap Sekolah Menjelang 17 Agustus

Diperbarui: 24 Juli 2024   08:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi siswa-siswi mengikuti lomba makan kerupuk (sumber gambar: indotrends.pikiran-rakyat.com)


Peringatan kemerdekaan Republik Indonesia menjelang 17 Agustus 2024 mendatang tidak hanya menjadi seremoni formal di banyak tempat. 

Setiap sekolah juga telah menyiapkan rangkaian lomba, yang selain dapat memeriahkan suasana juga berguna meningkatkan semangat patriotisme serta rasa cinta dan bangga terhadap tanah air. Berikut adalah lomba-lomba yang unik serta dapat meningkatkan cinta tanah air serta rasa bangga pada acara peringatan kemerdekaan di setiap sekolah.

Lomba Menulis Puisi Patriotic 

Dalam lomba menulis puisi ini, para peserta didik dituntut untuk dapat mengekspresikan rasa bangga dan cinta mereka terhadap tanah air melalui kata-kata yang bijak, indah dan inspiratif dalam puisi mereka. Melalui lomba yang satu ini, para guru berharap dapat membawa sekaligus membimbing peserta didik dalam mengembangkan rasa kreativitas, kepedulian pada lingkungan hidup dan keterampilan menulis.

Para peserta didik memperoleh manfaat dari lomba ini, terutama dalam mengembangkan kemampuan sensory mereka dalam merancang simbol dan kata-kata dari Indonesia dengan bebas dan indah. Selain itu, para peserta didik juga dapat lebih memahami tentang perjuangan para pahlawan dan bagaimana mereka memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Puisi yang dibuat peserta didik dapat membantu meningkatkan rasa nasionalisme dan percintaan terhadap tanah air.

Dalam menempuh jalannya lomba, para peserta didik juga belajar menyampaikan ide-ide mereka dalam bahasa yang efektif, mengasah ketrampilan menulis, meningkatkan kreativitas dalam pemanfaatan bahasa sebagai alat dorongan perubahan sosial serta menghargai keunikan pencapaian karya tiap orang. Selain mendapatkan kenangan yang membekas untuk dikenang, para peserta didik juga dapat meraih pengakuan atau hadiah sebagai penghargaan atas keberhasilannya dalam mengembangkan puisi inspiratif dan kreatif.

Menulis puisi menjadi sarana yang tepat untuk mengungkapkan rasa cinta dan perjuangan dalam satu kesatuan visual dan bahasa. Hal itu juga dapat menginspirasi dan memotivasi siswa dalam menciptakan karya-karya lain menarik, dan memperkaya pemahaman dan konsep kreatif mereka. Meningkatkan rasa bangga dan kasih tanah air melalui puisi adalah cara yang baik untuk memperkokoh kesadaran akan pentingnya rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air.

Lomba Botol Plastik Berbendera 

Lomba botol plastik berbendera yang sering diadakan di sekolah, terutama untuk anak SD dan SMP, sangat menarik dan menginspirasi. Lomba ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam hal pemahaman warna Bendera Indonesia serta peduli dengan lingkungan dengan cara sederhana. Lomba ini juga dapat mengajarkan pentingnya penggunaan sampah plastik secara kreatif dan lingkungan yang bersih.

Dalam lomba ini, para peserta ditantang untuk mendesain bendera Indonesia di atas botol plastik bekas. Para peserta juga dapat memanfaatkan bahan lain, seperti kertas, kain, atau potongan bahan daur ulang lainnya untuk memperindah dan menghias botol tersebut. Para peserta dapat menunjukkan kreativitas mereka, sekaligus belajar lebih banyak tentang Bendera Indonesia dan maknanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline