Lihat ke Halaman Asli

Jumat Bersih: Pentingnya Budaya Gotong Royong dalam Merawat Lingkungan

Diperbarui: 19 Juli 2024   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gotong royong rutin hari Jumat desa Pulo Iboih Kec. Glumpang Baro (sumber: dokumen pribadi/ Muhammad Dahron)

Di era modern saat ini, banyak masyarakat yang hidup di dalam kota dan mengalami banyak masalah, salah satunya masalah lingkungan. Hal ini terjadi karena kebanyakan orang terlalu sibuk dengan pekerjaan sehingga terlupakan untuk merawat lingkungan sekitar. 

Namun, kebersihan lingkungan tentu saja juga mempengaruhi kualitas hidup orang itu sendiri. Oleh karena itu, pentingnya budaya gotong royong di hari Jumat dalam merawat lingkungan menjadi hal yang semakin penting untuk dijadikan kebiasaan.

Meningkatkan Kesadaran Akan Pentingnya Merawat Lingkungan

Dalam kegiatan gotong royong di hari Jumat, selain membersihkan lingkungan, masyarakat juga dapat membuat kerajinan yang berguna dan dapat dimanfaatkan dari bahan-bahan yang telah terkumpul. Hal ini dapat menjadi salah satu upaya untuk mengurangi sampah yang ada di lingkungan.

Meningkatkan kesadaran akan pentingnya merawat alam melalui budaya gotong royong dapat memicu kesadaran dan tanggung jawab setiap individu dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Selain itu, kegiatan gotong royong juga dapat menjadi wadah untuk membangun hubungan yang baik antar warga, meningkatkan kualitas hidup sebagai warga negara serta memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Meningkatkan kesadaran akan pentingnya budaya gotong royong dalam menjaga kebersihan lingkungan juga dapat diawali dengan mengajarkannya kepada anak-anak. Sejak dini, anak-anak harus belajar untuk menjaga lingkungan sekitar agar mereka memiliki kesadaran yang lebih tinggi ketika tumbuh dewasa.

Kegiatan gotong royong di hari Jumat juga dapat menjadi ajang untuk berdiskusi tentang berbagai masalah lingkungan yang ada, dan mencari solusi bersama yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masyarakat setempat. Dengan demikian, kegiatan gotong royong di hari Jumat dapat memiliki nilai yang lebih dalam dalam menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya merawat alam.

Budaya Gotong Royong sebagai Salah Satu Solusi Menjaga Kebersihan Lingkungan

Budaya gotong royong telah menjadi warisan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Budaya yang berakar pada kearifan lokal ini menunjukkan bahwa kebersamaan dan kerja sama masyarakat dalam rangka manfaat bersama sangat penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Budaya gotong royong biasanya dilakukan di pedesaan sebagai bentuk kesatuan masyarakat di desa yang saling membantu dalam setiap kegiatan, seperti proses penanaman padi atau dalam proses pembangunan fasilitas umum. Namun, budaya gotong royong telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah menjalar ke kota-kota.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline