Lihat ke Halaman Asli

Gaya Hidup Menuju Keseimbangan Lingkungan: Bagaimana Kontribusi Kecilmu Bisa Membuat Perubahan Besar

Diperbarui: 19 Juli 2024   11:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi gaya hidup ramah lingkungan (sumber: freepik.com)

Semakin hari, semakin jelas bahwa perubahan pola hidup kita yang tidak berkelanjutan berimbas pada lingkungan kita. Gaya hidup yang terus-menerus meningkatkan produksi sampah, konsumsi air yang berlebihan, dan ketergantungan pada bahan bakar fosil mendesak kita untuk memikirkan kembali cara kita hidup sehari-hari. 

Namun, meskipun lebih mudah "berbicara besar", untuk sebagian besar orang, kemampuan kita untuk merubah lingkungan untuk masa depan sangat dipengaruhi oleh tindakan-tindakan kecil yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan cara-cara kreatif yang bisa membantu kita mencapai lingkungan yang sehat dan berkelanjutan.

Menanam sendiri

Menanam sendiri juga dapat membantu mengurangi jejak karbon dengan mengurangi jarak tempuh makanan dari lokasi pertanian ke tempat di mana makanan dijual. Selain itu, menanam sendiri juga bisa menambahkan dekorasi alami ke dalam rumah serta memberikan kesempatan untuk menimba manfaat dari terapi alam tanaman, menjaga keseimbangan mental dan emosional serta aspek kepuasan dari melihat bunga atau sayur yang tumbuh sehat dari waktu ke waktu.

Tidak perlu melakukan menanam dengan skala yang besar, setiap tanaman yang ditanam dapat memberikan perbedaan kecil yang dapat membawa manfaat besar bagi lingkungan dan memotivasi kita untuk menerapkan cara hidup yang lebih ramah lingkungan.

Jika Anda mencari ide dan rekomendasi terkait tanaman yang cocok untuk ditanam dalam pot, beberapa tanaman seperti cabai, paprika, atau bunga matahari yang perlu disiram dengan air sedikit lebih banyak namun memiliki hasil yang lebih baik. Atau untuk Anda yang sibuk, tanaman seperti kaktus, sansevieria dan keladi yang lebih tahan terhadap kekeringan serta membutuhkan perawatan minimal juga bisa dipertimbangkan.

Mengambil langkah kecil dalam hidup kita sehari-hari dapat memiliki dampak besar pada lingkungan kita. Mulailah dengan memulai perjalanan dalam menanam di dalam pot, maka dari itu, saya yakin bersama kita mampu menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Membeli produk lokal dan organik

Selain membantu mengurangi jejak karbon, membeli produk lokal dan organik juga dapat membantu menopang ekonomi lokal dan mendorong komunitas menjadi lebih mandiri. 

Ketika kita membeli sayuran atau buah dari petani lokal atau industri kecil, kita memberi mereka kesempatan untuk bangkit dan berkembang, dan pada gilirannya, memberi kita akses ke makanan segar dan berkualitas lebih mudah serta mempermudah akses untuk mempelajari cara hidup yang menyehatkan lingkungan dan mempererat hubungan sosial dengan pengelola pertanian lokal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline