Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Daffa Dewanto

Mahasiswa Universitas Diponegoro

Untuk Pertama Kalinya BUMDes Basuhan Memulai Pembukuan Digital

Diperbarui: 10 Februari 2023   19:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelatihan Pembukuan Digital Bersama Ketua BUMDes Basuhan

Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko (10/2) -  KKN TIM I Universitas Diponegoro 2022/2023 mengadakan pelatihan pembukuan berbasis digital untuk peningkatan kualitas pelaporan keuangan BUMDes. BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Walau umurnya belum mencapai lima tahun, BUMDes di Desa Basuhan memiliki peran yang cukup penting dalam perkembangan perekonomian desa. Selain memfasilitasi masyarakat dalam memberikan pinjaman modal usaha, BUMDes juga menyalurkan distribusi gas elpiji ke masyarakat.

Muhammad Daffa Dewanto, Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang tergabung dalam KKN TIM I Universitas Diponegoro 2022/2023 melihat hal ini sebuah kesempatan untuk melaksanakan program pelatihan pembukuan berbasis digital. Program Monodisiplin yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 4 Februari 2023 ini ditujukan kepada Pelaksana Keuangan.

Program Monodisiplin yang berjudul "Pelatihan Pembukuan BUMDes" ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada Ibu Sutini selaku Kepala Desa dan Pak Kasiman selaku pengawas BUMDes. Kemudian, dari hasil tersebut disimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan pembukuan digital menjadi hal yang dirasa penting untuk mempercepat proses pembukuan dan meningkatkan keamanan data keuangan.

Saat terlaksananya program tersebut, dijelaskan mengenai langkah-langkah dalam menggunakan Aplikasi Excel khusus BUMDes yang telah disusun sebelumnya. Ketika pelaksanaan pembukuan, pengguna hanya perlu mengisi neraca terakhir, buku piutang dan buku kas secara berurutan. Setelah itu, neraca dan laporan laba rugi akan terinput secara otomatis sehingga tidak perlu memindahkan saldo lagi. Format laporan keuangan juga telah disesuaikan dengan standar yang telah disepakati dengan Ketua dan Pengawas BUMDes. Bendahara dan Pelaksana Keuangan selaku pengguna aplikasi diharuskan mengikuti prosedur yang sudah tercantum di Modul pembukuan digital yang juga telah disusun sebelumnya.

Penyerahan Modul Pembukuan Digital BUMDes

KKN TIM I UNDIP 2022/2023 berharap dengan terlaksananya program monodisiplin yang berjudul "Pelatihan Pembukuan BUMDes" ini dapat meningkatkan keahlian para pengurus BUMDes dalam menyusun laporan keuangan yang berkualitas secara efisien. Selain itu, dengan ditinggalkannya pembukuan manual diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dalam membuat aplikasi pembukuan sendiri yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan. Dengan ini, proses pembukuan bisa menjadi lebih eepat dan kualitas laporan keuangan semakin meningkat.

Penulis: Muhammad Daffa Dewanto (Akuntansi 2019)

Pembimbing: Yuli Prasetyo Adhi,SH.M.Kn, Rosa Amalia, S.Pi., M.Si, Farid Agushybana, SKM, DEA, Ph.D.

Lokasi: Desa Basuhan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline