Lihat ke Halaman Asli

KKN Kolaboratif 181 Desa Patempuran - Week 1

Diperbarui: 23 Juli 2023   17:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Dokumentasi pribadi

Jember, 21 Juli 2023. Senin lalu tepatnya tanggal 17 Juli 2023 diselenggarakan Upacara dan penerjunan Mahasiswa KKN Kolaboratif (KKNK) gelombang kedua yang dihadiri oleh Bupati Jember Hendy Siswanto. KKNK merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dari berbagai universitas dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral. Pelaksanaan kegiatan KKNK ini berlangsung selama empat puluh hari dan bertempat di daerah setingkat desa yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember.

Mahasiswa KKN 181, salah satu peserta KKN yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jember yang ditempatkan di Desa Patempuran menyambut program ini dengan penuh semangat. 3 hari sebelum penerjunan yakni 14 Juli 2023, peserta KKNK 181 melaksanakan survei pertama yang diwakilkan oleh beberapa anggota yang telah ditunjuk. Saat survei berlangsung, para mahasiswa KKNK menemui kepala desa dan meminta izin untuk memastikan beberapa informasi inti terkait dengan KKNK, seperti tempat tinggal, kondisi di desa secara umum baik sosial hingga ekonomi dan beberapa hal terkait data SDGs di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat. Ketika melakukan survei, para peserta mendapatkan sambutan dan fasilitas yang lengkap dari pemerintah Desa Patempuran.

Wafa salah satu staff perangkat Desa Patempuran menyampaikan bahwa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Desa Patempuran terdiri dari Produksi Tahu, produksi kripik, serta usaha batu bata. Desa Patempuran ini memiliki 5 dusun yaitu Dusun Krajan, Dusun Krajan I, Dusun Krajan II, Dusun Jonggrang, dan Dusun Jinggrang I. Mayoritas penduduk Desa adalah buruh tani dan mayoritas penduduk merupakan etnis madura. Terdapat kurang lebih 5000 penduduk desa dan menurut kepala desa, Desa Patempuran adalah Desa dengan tingkat kemiskinan tertinggi di kecamatan Kalisat.

Tanggal 17 Juli peserta KKNK 181 melaksanakan upacara pembukaan di alun-alun dan koordinasi dengan pihak kecamatan di kantor kecamatan. Setelah upacara pembukaan selesai peserta KKNK 181 melakukan pertemuan dengan perangkat desa berserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Selanjutnya, para peserta KKNK 181 melaksanakan koordinasi dan pembahasan lebih lanjut mengenai pembagian Penanggung Jawab (PJ) terkait program kerja kedepannya dari kelompok mereka.

Bertepatan pada tanggal 18 Juli KKNK 181 melaksanakan koordinasi ulang terkait program kelompok dengan sejumlah perangkat desa. Koordinasi KKNK 181 yang dilaksanakan bertujuan juga untuk mencari informasi data SGDs yang ada dalam SID desa. Hal ini dilakukan karena dikhawatirkan terdapat ketidaksesuaian data.

Pada tanggal 19 Juli, bertepatan dengan tanggal 1 Muharrom 1445 H, peserta KKNK 181 mengikuti beberapa acara di desa seperti pengajian umum dan pengajian peringatan 1 muharram dan pawai obor. Sayangnya, dikarenakan pawai obor dan kenduri di salah satu rumah warga berlangsung bersamaan, peserta KKNK 181 telat dalam pawai obor.

Pada tanggal 20 KKNK 181 melaksanakan pertemuan pagi yang dihadiri oleh KADES, KASUN, BHABINKAMTIBMAS Polri dan BABINSA TNI. Pertemuan itu menjadi kali pertama mereka bertatap muka dan berbicara secara langsung dengan Kades Patempuran yakni pak Akhmad Sanusi.

Pasca acara pertemuan dengan sejumlah stakeholder, peserta KKNK 181 mengikuti program pengukuran batas desa bersama perangkat desa yang bertugas, mereka berjalan sejauh +-3KM melewati bukit, persawahan, sungai dan perkampungan yang sulit dijangkau.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Saat malam hari KKNK 181 melaksanakan rapat yang membahas mengenai program kerja yang akan diserahkan kepada kepala desa. Mereka juga membahas proker mulai dari proker yang berfokus di sektor kesehatan yakni stunting dan sanitasi. Dari kedua tema tersebut KKNK 181 sepakat mengangkat tema PHBS, yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Dari tema ini KKNK 181 akan melakukan penyuluhan siswa SD menggunakan media permainan ular tangga serta penyuluhan melalui media leaflet atau poster.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline