Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Awaludin

Mahasiswa UINWS'19 IG: lakopolone

Pengaruh Globalisasi terhadap Perkembangan dan Pertumbuhan Anak

Diperbarui: 22 Oktober 2019   07:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pendahuluan

Kehidupan manusia dihubungkan dalam dua proses yang terus menerus dan berkelanjutan, kedua proses itu adalah pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses ini saling bergantung satu dengan yang lainnya. 

Manusia mempunyai kapasitas jasmaniyah dan ruhaniyah sebagai suatu kondisi menuju kearah kesempurnaan. Perubahan materiil yang bersifat kuantitatif mengalami pertumbuhan, sedangkan perubahan fungsional yang bersifat kualitatif mengalami perkembangan.

Pendidikan merupakan suatu proses ketika kemampuan manusia (bakat dan kemampuan yang diperoleh) hendak dikembangkan terus-menerus. Dalam pertumbuhan dan perkembangan terdapat kemampuan dan bakat.

Bakat merupakan faktor dasar, sedangkan kemampuan yang diperoleh merupakan faktor sebagai konsekuensi dari interaksi individu dengan lingkungannya. Terdapat tiga faktor persoalan dari aliran pandangan para ahli diantaranya aliran nativisme (faktor bawaan), empirisme (faktor lingkungan) dan aliran Kovergensi (perpaduan antarkedua faktor).

Menuju pada perkembangan zaman di era globalisasi sekarang juga dapat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan anak dapat melalui faktor budaya lingkungannya yang berubah akibat globalisasi oleh karena itu perkembangan globalisasi dapat membawa dampak positif dan negatif pada perkembangan dan pertumbuhan anak. Tentunya pada essay ini akan dibahas pengaruh globalisasi manakah yang mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Pembahasan

Sebelumnya apa itu definisi dari pertumbuhan dan perkembangan. Berikut penjelasannya,

Pengertian Pertumbuhan

Menurut seorang ahli, kematangan atau pertumbuhan sejak pembuahan dan seterusnya merupakan gejala alamiah. Arah terjadinya pertumbuhan itu sebagai suatu hasil dari faktor-faktor luar individu yang matang atau tumbuh itu bisa ditunjuk sebagai perkembangan. Kematangan sebagai suatu proses alamiah dan perkembangan sebagai hasil dari pengaruh kondisi-kondisi lingkungan terhadap anak selagi ia tumbuh merupakan dua faktor yang menjadi dasar bagi proses belajar mengajar (Crow, 1989 Educational Psychology, hlm. 39) .

Definisi Pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologis dari hasil proses kematangan fungsi-fungsi jasmani sebagai akibat dari adanya pengaruh lingkungan. Pertumbuhan dapat diartikan sebagai proses berubahnya keadaan jasmaniyah (fisik) yang turun-temurun dalam bentuk proses aktif yang berkesinambungan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline