Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Aviv

Mahasiswa KKN UNDIP

Mahasiswa KKN UNDIP Berpartisipasi Langsung dalam Kegiatan Program Jogo Tonggo di Kelurahan Jangli

Diperbarui: 4 Agustus 2021   14:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MMT Siaga Covid - 19 Tingkat RW/RT (Dokpri)

SEMARANG (4/8), Menghadapi kenaikkan kasus Covid -- 19 di Kota Semarang, Pemerintah Kota Semarang melaksanakan program Jogo Tonggo pada tiap Kelurahan. Kelurahan Jangli merupakan salah satu Kelurahan yang melaksanakan program Jogo Tonggo pada tingkat RT dan RW nya. Untuk mendukung program tersebut, beberapa Mahasiswa Tim II KKN Undip di Kelurahan Jangli turut serta mensukseskan program tersebut dengan melakukan beberapa kegiatan, sosialiasi kesiagaan covid -- 19 tingkat RT/RW dan pembuatan peta sebaran fasilitas kesehatan di Kelurahan Jangli.

Program Jogo Tonggo merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam upaya percepatan Penanganan Covid-19 di Tingkat Rukun Warga (RW). Salah satu contoh program Jogo Tonggo yang selalu dilaksanakan yaitu mengingatkan pentingnya menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Mengingat Kelurahan Jangli memiliki suasana desa akan tetapi berada di tengah Kota Semarang membuat beberapa masyarakat kurang mentaati dan memahami pentingnya peraturan 3M.

Dalam upaya pemercapatan penanganan kasus covid -- 19 pada program Jogo Tonggo diperlukan komunikasi yang baik antar tokoh masyarakat seperti, Ketua RT dan RW serta Lurah Kelurahan Jangli. Oleh karena itu Tim II KKN Undip Kelurahan Jangli memberikan sosialisasi melalui MMT di tempat yang strategis yang diharapkan mampu menyadarkan masyarakat setempat dalam mengingat pentingnya mentaati peraturan 3M. Selain peraturan 3M, sosialisasi kesiagaan covid -- 19 juga memberikan langkah -- langkah yang memudahkan masyarakat RW/RT untuk membuat grub komunikasi melalui media sosial Whatsapp, sehingga pada keadaan darurat dapat segera melaporkan situasi kepada pihak yang bersangkutan dan mendapatkan bantuan logistik ketika sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing -- masing selama kegiatan PPKM berlangsung

Penyediaan logistik berupa makanan, obat dan vitamin perlu didukung dengan kemudahan warga untuk mendapatkan informasi sebaran fasilitas kesehatan terdekat di Kawasan Kelurahan Jangli menggunakan media peta administrasi. "Adanya Peta Administrasi Kelurahan Jangli dapat membantu berbagai pihak, mulai dari masyarakat hingga instansi Kelurahan untuk mempermudah dalam menyelesaikan berbagai masalah seperti, kemudahan dalam mengetahui lokasi, jalan yang akan dituju hingga batas RW dan Kelurahan." tutur Hikmat selaku Sekertaris Lurah Kelurahan Jangli. Media peta yang dicetak dan dipasang pada Kawasan strategi seperti layaknya MMT, memiliki potensi untuk memberikan informasi mengenai sebaran fasilitas kesehatan terdekat tanpa perlu akses internet. Melalui peta sebaran fasilitas kesehatan juga diharapkan masyarakat memahami batas batas antar kelurahan dan RW yang terdapat pada peta, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Jangli dalam berbagai hal.

Penyerahan Administrasi Kelurahan Jangli (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline