Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Lingkungan Lahan Basah di Daerah Gambut Kalimantan selatan

Diperbarui: 26 September 2023   05:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Penelitian ini kami lakukan di daerah Gambut Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Kami disini melakukan penelitian lahan basah. Lahan basah adalah lahan subur yang perlu dipertimbangkan untuk media tanam-tanaman pertanian atau tanaman perkebunan. Tingkat kesuburan tanah merupakan faktor penting yang menentukan pertumbuhan tanaman.

Di daerah ini kami lumayan banyak menemukan kendala di daerah ini yaitu terjadinya musim kemarau yang berkepanjangan sehingga menimbulkan gagal panen dan juga ada kebakaran lahan di daerah ini yang menimbukan polusi udara yang diakibatkan manusia itu sendiri, dan juga kami disini menemukan budaya yang cukup unik yaitu mengubur orang yang sudah meninggal di depan rumahnya mereka masing. 

Adapun hambatan dan permasalahan yang terjadi di daerah penelitian kami, hambatan yang terjadi di wilayah penelitian kami kurangnya bantuan dari pemerintah untuk warga daerah situ sedangkan permasalahan yang terjadi pada di daerah penelitian kami yaitu terjadinya kekeringan sehingga banyak yang gagal panen.

Berikut ini beberapa jenis lahan basah:

1. Lahan gambut

2. Hutan Mangrove

3. Lahan Basah Mineral

4. Kawasan Rawa

5. Kawasan Riparian




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline