Lihat ke Halaman Asli

Muhammad asadz

Mahasiswa Uin Sunan Ampel Surabaya

Penyakit Batinnya Covid-19

Diperbarui: 16 Mei 2020   16:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Covid-19 belakangan ini menjadi tranding topik di media. Bukan tanpa alasan, karena virus ini bukan hanya melanda dan mengancam beberapa Negara saja, namun Dunia pada umumnya juga terancam. 

Jika sehat itu mahal, maka penyakit adalah musuh terbesar saat ini. Corona, selain menjadi  penyakit yang  mematikan dan sangat mudah menular, ternyata  virus ini juga menjadi penyakit jiwa. 

Belakangan ini, banyak masyarakat yang terguncang batinya. Virus corona menghantui setiap individu di seluruh dunia. Hingga bermunculanlah berbagai macam laporan-laporan stigmatisasi dari berbagai macam lapisan masyarakat.

Di Jawa Tengah contohnya, masyarakat beramai-ramai menolak dengan tegas pemakaman jenazah korban Covid-19 di daerahnya. Mereka memblokade jalan hingga melempari mobil jenazah dengan batu. 

Padahal pemerintah, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan WHO sudah memberikan standarisasi pemakaman jenazah korban Covid-19 yang dijamin  aman bagi masyarakat. 

Menurut penelitian, virus covid-19 hanya dapat hidup bersamaan dengan inangnya,  apabila inangnya mati maka virus tersebut juga akan mati, sama halnya seperti Flu Burung dan HIV Aids. Pada saat pemakman jenazah, selain dilapisi dengan kain kafan, jenazah juga dilapisi pelastik khusus. 

Mereka yang menguburkan juga orang yang dipilih khusus dengan perlengkapan keamanan yang mumpuni. Lebih dari itu, keluarga korban juga dilarang menjenguk, mulai dari ditetapkanya korban sebagai pasien hingga dikuburkan.  Mereka para jenazah adalah korban, dan setiap dari mereka tidak ada yang menginginkan terkena  penyakit ini.

Di sebagian daerah lain, juga tehrdapat  perawat yang dikucilkan, diintimidasi bahkan hingga diusir dari kontrakanya karena dituduh membawa penyakit. Dilain sisi, kasus ini menunjukan bahwa  kewaspadaan masyarakat akan bahaya corona mulai terbentuk.  

Menjaga jarak adalah hal yang wajar, namun berlebihan jika sampai mengucilkan, mengintimidasi, bahkan mengusir. Padahal para Dokter dan Perawat saat ini adalah pahlawan kita, pahlawan kemanusiaan. Di saat semua orang berdiam diri di rumah, mereka bertaruh nyawa digaris terdepan menjaga kita.

Mengucilkan, mengusir, menstigmatisasi, bahkan menghakimi adalah hal yang sangat berbahaya.  Karena membuat siapapun yang merasakan gejalanya jadi enggan melapor hingga membuat virus menjadi sulit terdeteksi yang pada akhirnya mempersulit pemutusan rantai penyebaranya. 

Setiap orang tentunya mengingkinkan keselamatan, namun angan-angan tersebut menjadi omong kosong jika melangkah dengan cara yang salah. Alih-alih menjadi selamat, di tengah kondisi kerisis saat pandemi ini, justru kecerobohan akan menambah keritis. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline