Lihat ke Halaman Asli

Praktik Industri: Analitik Kemampuan Baut dalam Menerima Beban Pada Sistem Pengereman Bogie KCI PT Industri Kereta Api (Persero)

Diperbarui: 28 Juni 2024   14:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gedung Graha INKA/dokpri

Perkenalkan saya Muhammad Zaqiy Febryan Aryono, seorang mahasiswa Program Studi S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya. 

Latar Belakang

Perkembangan teknologi yang saat ini berkembang begitu pesat membuat dunia kerja saat ini membutuhkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Dengan semakin masifnya perkembangan teknologi di bidang industri membuat dunia pendidikan seharusnya memprioritaskan pengembangan aspek sumber daya manusia dalam kegiatan didalamnya, dimana setiap individu yang terlibat harus siap berkompetensi untuk menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Untuk mendapatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten di dunia industri maka kegiatan pembelajaran sudah semestinya dihubungkan dengan dunia industri untuk mencapai lulusan yang siap bersaing di dunia industri.

Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan salah satu mata kuliah wajib Praktik Industri (PI) untuk program sarjana dan program sarjana terapan. Mata kuliah praktik industri merupakan program kulikuler yang memiliki bobot 20 Sistem Kredit Semester (SKS) atau setara dengan 4 bulan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. Tujuan dari mata kuliah Praktik Industri ini yaitu untuk memberikan pengalaman kerja secara langsung yang nantinya sebagai bekal di dunia kerja atau industri yang nyata.

Sehubungan dengan hal tersebut, penulis mengambil praktik industri di PT Industri Kereta Api (Persero) yang bergerak di bidang manufaktur transportasi darat khususnya kereta api yang terkenal luas di masyarakat Indonesia. PT Industri Kereta Api (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) manufaktur kereta api terintegrasi pertama di Asia Tenggara. Kantor pusat PT Industri Kereta Api (Persero) bertempat di di kawasan Jalan Yos Sudarso, Madiun, Jawa Timur.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan Magang

Kegiatan Program Magang (Praktik Kerja Lapangan) ini berlangsung selama 4 bulan dimulai sejak 5 Februari 2024 -- 31 Mei 2024. Waktu pelaksanaan dan penempatan unit kerja di PT Industri Kereta Api (Persero) sebagai berikut:

  • Hari Kerja: Senin -- Jumat
  • Jam Kerja : 07.30 -- 16.30 WIB
  • Unit Kerja: Unit Desain Bogie dan Wagon, Dept. Desain
  • Tempat     : Graha INKA Lt. 3 PT Industri Kereta Api (Persero)

Orientasi Pelaksanaan Magang

Dalam pelaksanaan kegiatan magang di PT Industri Kereta Api (Persero). Peserta magang di kenalkan tentang perusahaan INKA terlebih dahulu  tahapan pelaksanaan magang yang dilakukan ialah sebagai berikut.

  • Orientasi dan Pengenalan, Peserta magang diberikan penjelasan tentang divisi teknologi di bagi menjadi beberapa yang pertama Divisi Enginering, Divisi Teknologi Produksi, Divisi Desain.
  • Pengenalan Lingkungan Kerja, Magang dimulai dengan tur fasilitas, dimana peserta dapat mengenal lingkungan kerja, Lokasi pembuatan kereta Pengelasan, Pengecekan maupun Finishing dan memahami lingkungan kerja PT Perusahaan  Kereta Api.
  • Pelatihan Keselamatan, Peserta diberikan Link Zoom untuk mengikuti materi keselamatan yang diberikan oleh perusahaan.

Proyek yang dikerjakan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline