Lihat ke Halaman Asli

Ir Muh Arif Arofah ST MT IPP

Program Profesi Insinyur Universitas Petra Surabaya (Mar 2024-Jul 2024) | S2 Tek. Sipil Transportasi Universitas Trisakti (Sept 2022 - Feb 2024) | S1Teknik Sipil BINUS University (Sept 2016 - Augs 2020)| Ass. Tenaga Ahli Transport | SKA Ahli Teknik Jalan Muda | IG @arifarofah | muhammadarifarofah@gmail.com

Kenali 4 Ciri-ciri Gaya Komunikasi Director, Kamu Termasuk?

Diperbarui: 8 Oktober 2022   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar: Freepik/mego-studio

Hai Kompasianers! Setiap orang mempunyai gaya komunikasi yang berbeda - beda. Salah satu gaya komunikasi yaitu Director bagi kamu yang merasa memiliki sifat langsung, tertutup, dan cepat. Yuk pahami lebih dengan mengetahui 4 ciri - cirinya versi saya, siapa tahu ada didalam diri kamu lho!

1. Tidak Sabar

Sumber Gambar: Freepik/sewupari-studio

Hal ini terjadi karena kamu memiliki sifat langsung dan cepat. Oleh karena itu, kamu selalu terburu - buru untuk menyampaikan sesuatu. Sehingga tak jarang pula pesan yang kamu sampaikan, tidak bisa dimengerti oleh lawan bicara. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba untuk mengatur tempo, nada bicara, intonasi, dan pernapasan saat sedang berbicara.

2. Pendengar yang Kurang Baik

Sumber Gambar: Freepik/DCStudio

Hal ini terjadi karena kamu memiliki sifat tertutup. Kamu kurang memiliki empati saat sedang mendengarkan lawan berbicara. Sehingga kamu merasa lebih baik untuk mengabaikan dan tak peduli. Padahal, bisa jadi lawan bicara perlu respon dan masukan dari kamu lho! Untuk mengatasinya, bisa dicoba ketika kamu menyimak secara penuh lawan bicara dengan menatap nya dan sesekali memberi respon kata - kata.

3. Mendominasi Percakapan

Sumber Gambar: Freepik/DCStudio

Hal ini terjadi kamu memiliki sifat langsung dan cepat. Kamu selalu menjadi pihak yang ingin selalu didengarkan omomgannya. Sehingga lawan bicara tidak memiliki waktu untuk menyampaikan pesannya. Padahaltujuan dari komunikasi yaitu proses pertukaran pesan antara dua orang. Untuk mengatasinya, kamu harus mencoba untuk belajar mendengarkan lawan bicara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline