Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif

Content Writer at Zakat Sukses

5 Tips Mendapatkan Lailatul Qadar Ala Imam Masjidil Haram

Diperbarui: 17 April 2023   09:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay

Tak terasa kita sudah memasuki sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Pada malam-malam terakhir ini Allah SWT menjanjikan banyak sekali kemuliaan, yaitu terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan yang dikenal dengan malam Lailatul Qadar.

Lailatul Qadar adalah malam yang penuh keistimewaan di dalamnya. Berdasarkan hadis Rasulullah, malam Lailatul Qadar berada di malam-malam ganjil akhir Ramadhan.

"Rasulullah SAW mengabarkan kepada kami tentang Lailatul Qadar, beliau bersabda: dia (Lailatul Qadar) di bulan Ramadhan di puluhan yang akhir yaitu malam 21, 23, 25, 27 atau malam 29, atau di akhir malam Ramadhan. Barang siapa mengerjakan bangun untuk beribadah pada malam itu karena iman dan mengharap ridho Allah, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu dan yang akan datang." (HR. Ahmad)

Namun, kita tidak mengetahui persis perhitungan malam ganjil dan genap menurut Allah SWT di bulan Ramadhan. Untuk itu, kita harus memaksimalkan ibadah di semua malam terakhir Ramadhan agar mendapatkan keutamaan malam Lailatul Qadar.

Nah, kamu tentu menginginkan keutamaan Lailatul Qadar, bukan? Untuk itu, Imam Al-Sudais yang merupakan Imam Masjidil Haram memberikan 5 tips kepada kita agar mendapatkan malam Lailatul Qadar. Simak penjelasannya!

1. Membaca Doa Malam Lailatul Qadar

Tips pertama ini juga diajarkan oleh Rasulullah, yaitu berdoa pada bulan suci Ramadhan dengan doa;

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni"

Yang artinya: "Wahai Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Maaf, Engkau suka memberi maaf, maka maafkanlah aku."

2. Memperbanyak Sedekah di 10 Malam Terakhir Ramadhan

Tips berikutnya yang disampaikan oleh Imam Sudais agar mendapatkan malam Lailatul Qadar adalah dengan memperbanyak sedekah. Sedekah tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang kaya saja, melainkan semua golongan.

Bahkan orang yang bersedekah di malam Lailatul Qadar pahalanya akan di lipatgandakan setara dengan bersedekah selama 83 tahun lebih. Misal, pada malam Lailatul Qadar seseorang bersedekah Rp35.000 maka besarannya akan dikalikan seribu bulan (30.000 hari) dan dikalikan dengan 700 sesuai dalam QS. Al Baqarah: 261, maka totalnya adalah 735 miliar. Kebayangkan kalau kita bersedekah setiap hari di 10 malam terakhir bulan Ramadhan berapa besar pahalanya?

3. Membaca Surat Al Ikhlas Minimal 3 Kali

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline