Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif

Content Writer at Zakat Sukses

Barikut 6 Manfaat Puasa Bagi Tubuh, Kamu Harus Tahu!

Diperbarui: 11 April 2023   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Pixabay

Mungkin kamu mengira jika puasa akan berakibat kurang baik bagi tubuh. Hal itu karena saat berpuasa tubuh mejadi mudah lelah dan lemas. Namun, pendapat tersebut keliru dan bertolak belakang dengan kenyataannya, lho!

Meskipun ketika berpuasa kita tidak mendapatkan asupan, karena tidak boleh makan dan minum, hal ini ternyata tidak berakibat buruk bagi tubuh. Justru sebaliknya, puasa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terdapat banyak ilmuwan yang sudah membuktikan manfaat puasa bagi tubuh. Baik ilmuwan muslim, bahkan ilmuwan non muslim sekalipun. Salah satunya, menurut Dr. Mark Padon, yang merupakan seorang ahli kesehatan di Amerika. Ia mengatakan bahwa setiap orang mestinya harus berpuasa, karena puasa dapat mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh.

Nah, penasaran apa saja manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang lainnya? Berikut ini 6 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Puasa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Meskipun tidak makan dan minum di siang hari, namun tubuh tetap mendapatkan asupan saat sahur dan berbuka. Hal ini justru membuat metabolisme tubuh lebih efisien karena adanya pelepasan hormon adiponektin.

Adiponektin merupakan hormon protein yang diproduksi oleh jaringan adiposa atau jaringan lemak. Hormon ini berperan dalam regulasi metabolisme tubuh dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Adiponektin dapat meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme basal. Hal ini dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dan membantu menjaga keseimbangan kalori dalam tubuh.

Selain itu, adiponektin dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, hormon yang membantu mengatur kadar gula dalam darah. Sensitivitas insulin yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit metabolik seperti diabetes tipe 2.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Puasa yang teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol kadar gula darah, yang dapat membantu mengurangi risiko faktor penyakit jantung seperti obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, puasa juga dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) dalam darah, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline