Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif

Content Writer at Zakat Sukses

5 Keutamaan Menyantuni Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Diperbarui: 3 April 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Anak yatim merupakan salah satu golongan yang sangat dimuliakan dalam Islam. Bahkan Allah SWT menyebutkan tentang anak yatim sebanyak 22 kali dalam Al Quran. Hal ini menandakan pentingnya memperhatikan keadaan anak yatim, khususnya yang ada di sekitar kita. Dalam QS. Al-Fajr ayat 16-17 Allah SWT berfirman;

"Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya maka dia berkata: "Tuhanku menghinakanku." Sekali-kali tidak (demikian), sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim."

Ayat di atas sebagai pengingat kepada kita, boleh jadi keadaan hidup yang terasa kurang dan sulit mencari rezeki salah satu penyebabnya karana kita acuh dengan anak yatim.

Nah, untuk itu di momentum bulan suci Ramadhan ini mari kita berbenah diri dan memperbanyak amal kebajikan, terlebih dalam menyantuni anak yatim. Karena terdapat banyak keutamaan bagi siapa saja yang menyantuni anak yatim.

Keutamaan Menyantuni Anak yatim

Seseorang dikatakan yatim jika ia ditinggal wafat oleh ayahnya sebelum dewasa (baligh). Dalam Islam, yatim termasuk dalam golongan duafa karena dianggap lemah dari segi finansial.

Untuk itu, menyantuni mereka merupakan keharusan bagi kita yang mampu. Nah, berikut ini 5 keutamaan menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan yang perlu Anda tahu, simak penjelasannya hingga selesai.

1. Tercukupkan Segala Kebutuhan

Memberikan santunan berupa uang ataupun barang, sejatinya sama sekali tidak mengurangi harta kita. Karena Allah yang akan mengganti bahkan jauh lebih besar dari apa yang kita keluarkan untuk anak yatim. Hal ini tertuang dalam hadist yang artinya;

"Ada seorang laki-laki yang datang kepada Rasulullah mengeluhkan tentang kekerasan hatinya. Rasul pun menjawab: Sukakah kamu, jika hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu terpenuhi? Kasihilah anak-anak yatim, usaplah mukanya, dan berilah makan dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lunak dan kebutuhanmu akan terpenuhi." (HR. Thabrani)

2. Manusia Terbaik

Banyak ibadah yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan, contohnya memberi makanan untuk berbuka puasa. Nah, hal ini akan lebih besar lagi pahalanya jika kita berikan kepada anak yatim. Allah SWT pernah berfirman;

"Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang anak-anak yatim. Katakanlah, "Memperbaiki keadaan mereka adalah baik."" (QS. Al Baqarah: 220)

3. Di Jamin Masuk Surga

Keutamaan menyantuni anak yatim berikutnya adalah di jamin masuk surga. Hal ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline