Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif

Content Writer at Zakat Sukses

Berbenah Diri Menyambut Bulan Suci Ramadan

Diperbarui: 29 Maret 2023   21:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Tahukah Anda siapa orang yang paling beruntung di dunia ini? Pernahkah kita bertanya bagaimana menjadi orang-orang yang beruntung? Dan apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi orang yang beruntung?

Nah, ternyata salah satu orang yang paling beruntung adalah mereka yang pandai berbenah diri, lho! Berbenah diri memiliki makna yang luas dan harus dilakukan dengan teliti, terlebih lagi saat-saat menjelang Ramadhan seperti sekarang.

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya." (QS. Al-Mu'minuun: 1-5).

Ayat di atas, menjelaskan ciri-ciri perbuatan orang yang beruntung. Mereka itu adalah orang beriman yang khusuk dalam sholat, menjauhkan diri dari hal tidak bermanfaat, menunaikan zakat, dan menjaga kemaluan.

Sejatinya amalan tersebut menjadi tolok ukur untuk berbenah diri. Apakah kita sudah melakukan perbuatan yang mulia atas? Atau justru masih larangan-larangan yang sering kita lakukan.

Mengapa Perlu Berbenah Diri?

Ramadhan merupakan bulan suci yang diagungkan dalam Islam. Oleh karena itu, semua orang menunggu kedatangannya. Nah, agar Ramadhan menjadi berkesan maka kita perlu berbenah diri terlebih dahulu sebelum melaksanakan amalan yang akan dikerjakan.

Imam Ibnu Qayyim Al Jauzyyah pernah berkata, "Orang yang berilmu mengetahui tingkatan-tingkatan ibadah, perusak-perusak amal, dan hal-hal yang menyempurnakannya dan apa-apa yang menguranginya."

Artinya, berbenah diri yang dimaksud adalah menyempurnakan amalan dengan ilmu dan menjauhi larangan-larangan karena ilmu. Orang boleh beramal sebanyak mungkin, namun jika amalnya tidak didasarkan pada ilmu bisa jadi amal tersebut tidak akan bernilai apa-apa.

Untuk itu, dalam menghadapi Ramadhan maka kita semua harus bebenah diri. Hal ini kita lakukan agar ibadah puasa dan ibadah lainnya yang kita kerjakan dapat diterima di sisi Allah SWT.

Bagaimana Cara Berbenah Diri?

Membahas bagaimana cara berbenah diri yang terbaik, maka pertama kali yang harus dilakukan adalah bertaubat, sebagaimana firman Allah SWT,

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Hasyr: 18).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline