Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Arif

Content Writer at Zakat Sukses

5 Tips Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan, Kamu Harus Coba!

Diperbarui: 27 Maret 2023   14:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Membaca Al Quran merupakan suatu keharusan bagi umat Islam. Karena kita meyakini bahwa Al Quran merupakan pedoman hidup yang absolut dan tidak tergantikan dengan apa pun. Terlebih lagi di bulan Ramadhan yang merupakan bulan pertama kali diturunkannya Al Quran.

"Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qu'ran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)." (QS. Al Baqarah: 183)

Selain menjadi petunjuk hidup, Rasulullah SAW juga menjanjikan banyak keutamaan bagi siapa saja yang membaca Al Quran, salah satunya dalam hadits berikut;

"Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam dituliskan baginya pahala shalat sepanjang malam." (HR. Ahmad)

Nah, di bulan Ramadhan hendaklah kita membaca Al Quran hingga khatam. Hal ini agar kita mendapatkan keutamaan-keutamaan yang tidak bisa kita dapatkan di bulan lain. Untuk itu, berikut ini 5 tips mengkhatamkan Al Quran yang wajib Anda tahu.

1. Tetapkan Niat

Niat menjadi hal utama yang harus kita luruskan saat ingin mengerjakan apa pun, tak terkecuali dalam mengkhatamkan Al Quran. Sejatinya segala amal itu tergantung pada niat, dan kita akan mendapatkan apa yang telah diniatkan.

Nah, jadi sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita sudah harus memantapkan niat ingin mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan nanti. Tentu niat yang benar karena mengharapkan ridho dari Allah, sehingga saat melaksanakannya dapat dipermudah oleh Allah.

2. Buat Target (One Day One Juz)

Kalau yang pertama tadi adalah niat, maka yang berikutnya adalah ikhtiar kita untuk mewujudkannya. Metode one day one juz (satu hari satu juz) menjadi alternatif yang dapat Anda terapkan.

Pada umumnya, satu juz Al Quran terdapat 10 lembar. Nah, berarti untuk mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan Anda harus membaca 10 lembar setiap harinya.

Jika tidak bisa dilakukan pada waktu yang bersamaan, Anda dapat membaginya menjadi 5 waktu mengikuti sholat wajib. Di mana Anda bisa membaca 2 lembar Al Quran setelah sholat wajib dalam sehari. Dengan demikian, Anda dapat mengkhatamkan Al Quran selama satu bulan.

3. Tadarus Bersama

Biasanya membaca Al Quran akan lebih semangat jika dilakukan secara bersama-sama. Nah, Hal ini juga dapat Anda lakukan, misalnya tadarus bersama keluarga, teman sekolah, teman kerja, atau teman-teman satu komunitas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline