Lihat ke Halaman Asli

Metaversity: Operating System dan Karakteristiknya

Diperbarui: 5 April 2024   06:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Virtual X

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai Metaversity: Kuliah di Dunia Lain (Metaverse). Sebagai pengingat kita telah membahas mengenai pengertian dari metaversity, kunci pendidikan dalam metaverse, serta tantangan dan peluang yang kita miliki dalam metaversity.

Nah pada artikel kali ini mari kita membahas Operating System beserta karakteristiknya.

Metaversity Operating System 

Sistem operasi secara umum adalah perangkat lunak sistem komputer yang dapat membantu perangkat keras dalam menjalankan fungsi-fungsinya termasuk manajemen proses atau kontrol proses. Komponen seperti sistem komputer, hardware dan software aplikasi akan menjadi tidak berarti jika mereka tidak memiliki dukungan dari sebuah sistem operasi yang handal.  

Kemudian Sistem Operasi pada Metaverse berupa perangkat lunak yang mengatur dan mengelola sumber daya dan interaksi di dalam lingkungan metaverse. Sistem operasi metaverse bertanggung jawab untuk menyediakan infrastruktur dasar dan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjelajah, berkomunikasi, dan berkolaborasi dalam lingkungan virtual. 

Karakteristik Metaversity Operating System

Untuk dapat menunjang fitur-fitur dari metaversity, Metaversity Operating System diharuskan untuk memiliki karakteristik sebagai berikut:

Keamanan dan Privasi 

Seperti yang dikatakan suatu pepatah, safety first. Sistem Operasi Metaversity diharuskan memiliki keamanan dan privasi yang ketat untuk mengurangi kebobolan keamanan yang tidak diinginkan. Selain itu juga karena terdapat berbagai interaksi dan pertukaran data di dalam Metaversity. Keamanan dan privasi yang kuat akan melindungi pengguna dari penyalahgunaan informasi atau data.

Interaksi Real Time

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline