Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Aprilino

Mahasiswa UAD

Komunikasi Visual sebagai Sarana Promosi Bakpia Tiban

Diperbarui: 23 Juli 2021   01:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Komunikasi visual adalah ungkapan suatu ide dan pesan dari perancang kepada masyarakat yang dituju dengan melalui gambar, warna dan tulisan. Menurut Kusrianto (2007: 2) komunikasi visual adalah suatu ilmu yang bertujuaaan untuk mempelajari konsep - konsep komunikasi dan ungkapan kreatif melalui berbagai media sebagai alat untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan mengelola eleme-elemen grafis yang berupa bentuk dan gambar, tantanan huruf, serta komponen warna dan layout. Komunikasi visual dapat dikatakan juga sebagai muatan nilai melalui penggunaan bahasa nonverbal berupa gambar yang disampaikan melalui media berupa desain dengan tujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga mengubah perilaku target sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Bahasa nonverbal yang dipakai berbentuk grafis, tanda, simbol, ilustrasi, gambar/foto.

Promosi menurut Suherman (2010: 117) adalah komunikasi yang bertujuan penyampaian informasi, manfaat tentang keunggulan suatu produk kepada khalayak atau masyarakat luas yang dilakukan oleh petugas promosi dengan tujuan dapat menarik perhatian konsumen. Promosi merupakan suatu faktor yang penting dalam kegiatan pemasaran, karena tanpa ada kegiatan promosi produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan tidak akan dikenal luas. Dari definisi ini dapat dikatakan bahwa promosi merupakan cara perusahaan memperkenalkan produk kepada konsumen. Menurut Kotler dan Amstrong (2008: 117) terdapat beberapa jenis promosi antara lain periklanan, sales promotion, personal selling dan direct marketing.

Iklan merupakan salah satu sarana komunikasi terhadap produk yang akan di pasarkan melakui berbagai media dengan biaya pemrakarsa agar masyakarat tertaik dengan produk tersebut. Iklan juga dapat didefinisikan sebagai pesan tentang suatu produk ataupun jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Konsep AIDCA (Awarness, Interest, Desire, Convection and Action) akan berpengaruh untuk mendaptkan perhatian masyarakat, AIDCA dapat di uraikan seperti berikut:

1.Awarnes

Awarnes yaitu suatu iklan harus mampu membuat sesorang memahami dan memperhatikan tentang suatu iklan yang sudah dibuat.

2.Interest

Interest yaitu iklan harus memiliki daya tarik yang bertujuan dapat menarik seseorang dengan apa yang ditawarkan.

3.Desire

Desire yaitu iklan dapat membuat seseorang memiliki keinginan untuk mencoba suatu produk atau jasa yang ditawarkan.

4.Convection

Convection yaitu iklan harus mampu membuat sesorang yang melihat dapat mempercayai suatu produk tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline