Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Apriansyah

Mahasiswa Universitas Pamulang

Pentingnya Olahraga untuk Kesehataan Saat Covid 19 dan Workout Pilihannya

Diperbarui: 20 November 2021   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

karena dampak yang diakibatkan oleh virus corona telah membawa perubahan yang terasa terhadap dunia dengan berbagai tantangan yang dihadapi dan tidak pernah terbayangkan sebelumnya, termasuk di negara kita sendiri yaitu Indonesia sangat terasa dampaknya dibidang perekonomian, pendidikan dan kesehatan. Namun, upaya-upaya untuk menghambat penyebaran virus corona justru malah menghambat kegiatan perekonomian dan dampaknya terhadap pada tingkat kesejahteraan sosial semakin dirasakan masyarakat. dan pentingnya olahraga bagi tubuh untuk mecegah atau menghindari dari covid 19 tidak hanya dibutuhkan untuk yang sehat. Akan tetapi juga bagi pasien yang terkena Covid-19.   

Pastinya dari kita sangat merasakan yang diakibatkan oleh virus ini, terutama pada diri sendiri salah satunya untuk membuat kita selalu berada di dalam rumah sehingga kita enggan untuk berolahraga, padahal itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan dan mencegah masuknya penyakit, dan selain itu kita juga memiliki keterkekangan dalam beraktivitas sehingga membuat seseorang memiliki gaya hidup kurang gerak pada tubuh tetapi kita harus mempunyai gaya hidup yang aktif, kenapa begitu? Karena dari studi menunjukan bahwa pada orang yang kurang gerak bisa menurunkan sistem imun tubuh yang bisa mengakibatkan meningkatnya resiko terkena infeksi virus, maka olahraga atau workout bisa menjadi pilihan yang tepat untuk gaya hidup sehat. 

workout dirumah bisa menjadi pilihan yang bagus untuk olahraga  di masa pandemi ini karena isolasi tempat tempat olahraga dan workout ini tanpa perlu memikirkan tempat yang luas maupun beban pembantu, yang penting tubuh tidak diam saat situasi saat ini.

orang yang mengalami pikiran strees saat pandemi ini terus meningkat,yang artinya kondisi ini terjadi karena kekhawatiran seseorang tertular virus corona dan tidak sedikit juga orang-orang yang telah kehilangan pekerjaannya. dan cara yang alternatife menghilangkan stres yaitu dengan berolahraga, ternyata saat kita berolahraga hormon kortisol atau hormon stres akan menurun dan telah diteliti membuktikan bahwa olahraga atau workout mampu menumbuhkan hormon endorfin atau hormon yang menciptakan kebahagiaan karena melakukannya. Selain itu olahraga dapat meredakan rasa cemas, meningkatkan kepercayaan diri, dan meningkatkan fungsi kinerja otak, maka oleh karean itu kesehatan tidak boleh dianggap sepele karena banyak manfaat yang didapatkannya. 

No Pain No gain




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline