Lihat ke Halaman Asli

Dosen UNM Latih Guru MGMP PPKn di Kabupaten Pangkep Menerapkan Nilai-Nilai Kebhinekaan dalam Pembelajaran

Diperbarui: 18 Oktober 2023   12:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: foto ini diambil pada saat pelaksanaan kegiatan pengabdian di kabupaten pangkajene dan kepulauan, Sulawesi Selatan

Tim Dosen PPKn UNM, yakni Firman Umar, A. Aco Agus dan Muhammad Amin serta dibantu oleh mahasiswa UNM melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk "Sosialisasi materi Kebhinekaan global bagi Guru MGMP PPKn SMP dan SMA di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan."

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dan dibuka secara resmi oleh Bapak Muslimin Yusuf selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah 35 Guru MGMP PPKn SMP dan SMA Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Dalam sambutannya, Muslim Yusuf sangat mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya untuk kompetensi pedagogik guru,  utamanya mengajarkan nilai-nilai kebhinekaan kepada siswa seperti nilai toleransi, menghargai dan menghormati orang lain, gotong royong dan sebagainya.  Sementara itu, ketua MGMP PPKn SMP kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menyampaikan bahwa, kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil diskusi dengan tim dosen PPKn UNM mengenai kebutuhan peningkatan kompetensi professional guru untuk mendukung program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yakni implementasi Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan kegiatan tersebut untuk menguatkan internalisasi nilai-nilai Kebhinekaan dalam pembelajaran, mendukung terciptanya profil pelajar Pancasila serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi guru MGMP PPKn SMP dan SMA dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan melalui metode bercerita, simulasi dan bermain (games), ujar Firman Umar selaku ketua tim pengabdi.

Ada lima tema materi kebhinekaan yang dilatihkan secara bervariasi yakni Dunia Yang Berwarna, Negeri Penuh Harmoni, Damai Mulai Dari Diri, Sekolahku yang Bhineka dan Sekolahku yang Damai. Selama kegiatan berlangsung Guru-Guru dibagi ke dalam 5 kelompok untuk mendiskusikan tema tersebut dan mempelajari konsep bagaimana cara mengajarkannya kepada peserta didik, kemudian mereka melakukan peer teaching secara bergantian. Terlihat dari kegiatan tersebut, guru-guru sangat tertarik dan antusias berdiskusi dan berlatih mengajarkan materi kebhinekaan. Pada akhir kegiatan, tim dosen PPKn UNM berharap, ilmu yang telah dipelajari dapat diterapkan oleh guru-guru SMP dan SMA di Kabupaten Pangkejene dan Kepulauan di satuan pendidikan masing-masing.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline