Lihat ke Halaman Asli

Inovasi UMKM Baru, Pelatihan Pembuatan Manisan Pepaya kepada Ibu-ibu PKK Desa Plalangan oleh KKN 176

Diperbarui: 23 Agustus 2023   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamis, 03 agustus 2023.  Mahasiswa KKN kolaboratif mengadakan pelatihan pembuatan manisan pepaya di kantor desa plalangan. Olahan pepaya dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan produk ini dikarenakan di desa plalangan sumber daya pepaya termasuk ke komoditas yang ketersediaannya melimpah.

kegiatan pelatihan pembuatan manisan pepaya menyasar ibu-ibu PKK selaku penopang pemberdayaan wanita di desa plalangan. kegiatan diawali dengan pemberian materi mengenai apa saja yang dibutuhkan untuk membuat produk manisan pepaya tersebut dan juga bagaimana cara proses pembuatannya. selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung oleh ibu-ibu PKK.kegiatan tersebut berlangsung dengan kondusif dan teratur. ibu-ibu PKK yang menghadiri kegiatan pun antusias dalam belajar bagaiamana cara membuat produk olahan pepaya tersebut.

sebelum melakukan pelatihan pembuatan olahan manisan pepaya tersebut mahasiswa KKN kolaboratif telah melakukan beberapa kali uji coba terlebih dahulu untuk menyempurnakan resep dan hasil akhir dari produk tersebut. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline