Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD ALIRAHMAN

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Observassi Lapangan Untuk Mengetahui Potensi Bencana Yang Terjadi Dikecamatan Gambut.

Diperbarui: 19 Mei 2024   05:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Berdasarakan penelitian ini bertujuan dalam mengetahui potensi bencana dan identifikasi benaca yang tejadi di wilayah Kecamatan Gambut. Dengan menggumpulkan data melalui wawancara pada warga setempat , hasil wawancara tersebut  akan jadi bahan analisis potensi bencana yang terjadi diKacamatan Gambut . hasil wawancara dapat dilihat sebagai berikut:

  • pernah terjadi banjir , tidak ada pencagahan sebelum kerena banjir sangat jarang kerena kejadian tersebut cuman satu kali. Intasi yang datang membantu dari badan penggulangan bencana (BPBD) "
  • kalo di sini banjir maka jalan yani akan banjir karena daerah disini tinggi, kalu daerah penjamatan potensi kebakaran hutan kejadian tersebut terjadi  pada musim kemarau saja , dan di tangai  oleh pemadam kebakaran
  • untuk potensi di daerah sini cuman kebakaran hutan  dibelakang komplek  itu cuman terjadi pada saat kamarau , untuk banjir pernah terjadi akan tetatpi cuman lewat kerena  sampai pergelangan kaki saja . untuk penangan cuman di padamkan saja
  • daerah ini pernah banjir akan cuman satu kali itu saja , tinggi genangannya sampai lutuk kaki orang dewasa , banjir tersebut terjadi akibat air kiriman dari arah matapura . untuk  pencgahan kameren di unsikan ke arah penjamtan atau ke arah Banjarmasin. "
  • kejadian disini rata-rata kebakaran hutan dan ladang  dan untuk  banjir sendiri jarang sekali terjadi kerena cuman satu kali saja pada bendungan terbuka dan di larikan ke daerah sini . banjir tidak sampai rumah dan tidak lama untuk surut kembali . untuk kebakaran hutan sendiri terjadi pabila musim kemarau tiba , warga siapsiaga karena kabakaran di sebabkan punting rokok yang di buang sembarangan dan juga pembakaran lahan . untuk penangan sendiri cuman  di padamkan saja oleh pemadam swasta di daerah. Setelah kejadian tidak ada tindakan lagi.
  • melintang baru kejadian yang banyak disini kebakaran hutan yang  setiap musim kemarau pasti ada . untuk pengatasan cuman di padamkan saja pada oleh pemadam swata dan pemadam kebakaran daerah. Evekuasi tidak ada kerena cuman hutan yang terkena  kebakaran "
  • kebakaran hutan yang sering terjadi kerena musim kemarau , untuk banjir sudah jarang terjadi karena sudah pengerokan selokan yang dilakukan oleh masyarakat. Kebakaran belum sampai pemukiman cuman sampai belakang rumah warga saja.
  • banjir dsini sebentar kalo kabakaran sering terjadi pada musim kemaau , kalalu banjir sekali saja dan itu cuman lewat saja. Ada gotong royang warga dan kurami untuk menggali saluran pembuangan , kalau untuk kebakaran hutan pencenggahannya cuman di pantau pada musim kemarau
  • bencana yang sering terjadi di sini kebakaran kerena setiap tahun akan terjadi pada musim kemarau ,dan disini rata-rata hutan galam yang mudah kebakraan , untuk banjir jarang terjadi dan hampiri tidak terjadi untuk daerah ini. Untuk pencgahan berjaga pada saat musim lkemarau kerana kerena musim ini rata-rata mengalami kebakaran.
  • kebakaran hutan dan lahan yang sering terjadi apa lagi pada saat musim kemarau yang jadi puncak kebakaran hutan yang terjadi , kalao banjir jarang terjadi di daerah sini kerena daerah ini daratan yang tinggi . sebelum kebakaran hutan terjadi biasanya warga bejaga-jagaapabila hutan terlihat kering pada musim kemarau kerena walktu tersebut rawan dengan terjadi kebkebakran dan juga adanya pemantauan pada saat warga membakar ladang sawah nya untuk di buka kembali. Pada saat kebakaran yang datang pemadam swasta setempat untuk memadamkan kebakaran dan mencegah kebakaran meluas .



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline