Lihat ke Halaman Asli

MUHAMMAD ALIRAHMAN

UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Analisis Curah Hujan Menurut Hujan yang Terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu

Diperbarui: 18 Mei 2023   05:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar dari Liputan6.com

ANALISIS CURAH HUJAN MENURUT SUHU YANG TERJADI DI KABUPATEN TANAH BUMBU.

Kabupaten tanah bumbu merupakan salah satu dari 13 kabupaten yang ada di Kalimantan selatan, wilayah ini memiliki letak geografi yaitu  2052' -- 3047' Lintang Selatan dan 115015' -- 116004' Bujur Timur. tanah bumbu memiliki 12 kacamatan dalam wilayahnya di antarannya : kacamatan sungai loban , kacamatan kusan hilir, kacamatan kusan hulu , kacamatan mentewe , kacamtan simapang empat, kacamatan satui, kacamatan kuranji, kacamtan batulicin, kacamatan angsana, kacamtan kusan tengah ,kacamatan karang bintang, dan kacamatan teluk kepayang. 

Mata pencarian utama peduduk di kabupaten tanah bumbu adalah nelayan dan petani, pekerjaan yang sangat kejadian atau fenomena yang terjadi di alam sepert hujan sedang, pendek, dan cerah. Siklus hujan yang sedang maupun pendek yang sering tejadi pada satu bulan atau lebih di mamaafkan oleh petani tuntu menanam padi di sawah . sedang kondisi cerah dimanfaat oleh nelayan untuk pergii berlayar untuk mencari ikan . penelitian ini  menggunakan metode yang saya gunakan kali ini adalah framing taxt , analisi ini merupakan metode untuk memamahi sebuah peristiwa yang di lihat dari dalam media (Eriyanto, 2002:10).

BPDB tanah bumbu mengeluarkan peringatan dini bagi warga di wilaya tanah bumbu tentang peningkatan suhu yang cukup tinggi (28/04/23). Di liput oleh (budi setiawan) di upload media (antarnew.com).

BMKG mengeluarkan perkiraan cuaca , yang akan mengelami hujan petir . suhu perkiraan pada rabu tanggal 22 maret 2023  bekisar 22 -- 32 derajat celcius dengan kelembapan udara 55-95 persen. BMKG juga memeperingatkan akan terjadi huja lebat yang di sertai kital/petir dan angin kecang pada siang / sore haru di wilayah tanah bumbu dan kabupaten kota baru.  (22/03/23). Di liput oleh (m.khairil ansyaril) di upload media (oke tanahbumbu).

BMKG Kalimantan selatan memberi himbauan waspada dengan suhu konsidi panas dengan kelembapan tinggi yang terjadi pada beberapa waktu lalu . diamati dari stasiun di banjarbaru  kotabaru masih berada pada suhu berkisar 30-34,4 derajat celcius. .  (29/04B/23). Di liput oleh (rahmadhani MTD) di upload media (redaksi 8).

BPBD memberikan peringatan dini kepada masyarakat tanah bumbu untuk berhati hati terhadap fenomena alam "heatwave"kerena peningkatan suhu yang cukup tinggi pada beberapa hari ini" .  (28/04/23). Di liput oleh (Hasan Zainuddin) di upload media (kalsel.antarnew.com).

Pada senin , 17 april 2023 BMKG mengeluarkan siaga untuk beberapa wilayah . perkiraan wilayah kaliantan akan terjadi hujan ringan dan petir pada senin siang , dengan perkiraan suhu 23-32 derajat celcius sedangkan kelembapan udara bekisaran antara 60-95 persen .  (17/03/23). Di liput oleh (m.khairil ansyaril) di upload media (oke tanahbumbu).

Pada hari sabtu bmkg mempekirakan suhu menyelimuti wilaya kalsel  dengan suhu sekitar 22 sampai 32 derajat celcius (17/03/23). Di liput oleh (aprianoor) di upload media (apa habar)

BMKG memperkiraan bawah kabupatan tanah bumbu di pagi hari  24 derajat celsius dan pada siang hari mengalami kenaikan dengan ke angka 32 darajat celcius (16/03/23). Di liput oleh (redaksi ) di upload media (sukes nasional)

BPBD mempekirakaan suhu pagi hari sekitar 27 derajat celcius dan  siang hari mengalami kenaikan suhu menjadi 32 derajat celcuis dan malam hari sekitar 26 -- 25 derajat celcius (01/03/23). Di liput oleh (yayu fathil) (Wartabanjar).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline