Lihat ke Halaman Asli

Strategi di Luar Lapangan (Asian Games sebagai Umpan Pembangunan)

Diperbarui: 2 September 2016   19:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: www.rri.co.id

Kemajuan perekonomian suatu daerah tidak terlepas dari beberapa aspek pendukung dibelakangnya, terutama pembangunan infrastruktur didaerah tersebut. Pembangunan yang baik serta tepat sasaran akan menimbulkan keuntungan dan kebaikan di daerah tersebut, sehingga lajur perekonomian setempat dapat berjalan baik dan seimbang. Apabila lajur perekonomian baik dan seimbang maka akan terjadinya timbal balik yang akan dirasakan oleh pemerintah sebagai wujud menciptakan kesejahteraan rakyat.

Sebagai tuan rumah perhelatan akbar olahraga Negara-negara dibenua Asia (Asian Games) pada tahun 2018 nanti, Indonesia dan khususnya Kota Palembang sudah sepatutnya mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi didalam kegiatan tersebut. Maka dari itu, saat ini ada beberapa pembangunan-pembangunan yang sedang digenjot pembangunannya yang akan diperuntukan untuk mensukseskan kegiatan Asian Games 2018 di Kota Palembang, seperti pembangunan Fly Over, LRT (Light Rail Transit), Jalan Tol, dan lain sebagainya. Perbaikan Infrastruktur pendukung perlombaan dan kegiatan Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di tempat yang sama pada perhelatan Sea Games 2011 dan Islamic Solidarity Games yang berada di komplek Jakabaring Sport City pun diperbaiki sebagaimana mestinya.

Menurut ketua DPRD Sumsel H. M.Giri N. Kiemas,SE.,MM. Saat kunjungannya di Universitas Sriwijaya 3 Agustus 2016 yang lalu dalam kegiatan pengenalan kampus di lingkungan kampus Fisip Indralaya, ia menjelaskan bahwa Asian Games bukan hanya perhelatan olahraga semata namun juga sebagai strategi pembangunan infrastruktur. Ia pun menjelaskan bahwa LRT tidak akan mungkin dibangun di Kota Palembang apabila tidak ada kegiatan Asian Games ini. Sarana tersebut sebenarnya diperuntukan untuk Surabaya dan Jakarta, namun karna masalah kesiapan di daerah itu, maka rencana tersebut dipindahkan ke Kota Palembang dibalik peruntukannya untuk suksesnya perhelatan Asian Games.

Ketua DPRD yang dipilih melalui Dapil Kabupaten Muara Enim dan Kota prabumulih itu pun menjelaskan bahwa Asian Games yang akan diadakan pada tahun 2018 ini juga sebagai ajang promosi Pariwisata dan Bisnis di Provinsi Sumatera Selatan. Dengan infrastruktur yang baik, investor pun akan senang hati menanamkan modalnya di Sumatera Selatan, Karena sarana yang baik dan memadai adalah indikator baiknya pula perekonomian di daerah tersebut khususnya di Kota Palembang.

Maka dari itu, kita sebagai Bangsa Indonesia mari kita sukseskan Asian Games di Kota Jakarta dan Palembang pada tahun 2018, serta manfaatkan event ini sebaik-baiknya sehingga cita-cita pemerintah dalam terselenggaranya event ini semata-mata untuk terwujudnya masyarakat yang sejahtera.

Muhammad Ali Dziqri Fajar 07041181621033

 International Relations, Social and Political Science Faculty

Lecturer: Ibu Nur Aslamiah Supli.,BIAM.,M.Sc




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline