Lihat ke Halaman Asli

6 Prinsip-prinsip dalam Pengelolaan Kelas

Diperbarui: 3 April 2023   06:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

6 Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas

 

Menurut Ahmad Rohani dalam bukunya yang berjudul Pengelolaan Pengajaran menyatakan bahwa pengelolaan kelas adalah segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik sesuai kemampuan".

Seorang guru harus dapat mengetahui dan menguasai prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Berpendapat dalam bukunya yang berjudul Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. enam prinsip dalam mengelola kelas:

  1. Hangat dan antusias 

 

Hangat dan antusias diperlukan dalam proses belajar mengajar. Guru yang hangat dan akrab pada anak didik selalu menunjukkan antusias pada tugasnya atau pada aktifitasnya akan berhasil dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas.

  1. Tantangan


Untuk dapat meningkatkan semangat belajar peserta didik guru harus dapat memperhatikandalam penggunaan kata-kata, tindakan, cara kerja, atau bahanpelajaran yang menentang.

  1. Bervariasi


Untuk menghindari kejenuhan belajar pada anak guru harus dapat memvariasikan metode belajar, alat/media pembelajaran, serta pola interaksi terhadap anak didiknya.

  1. Keluwesan


Keluwesan yang dimaksud adalah keluwesan tingkah laku guru dalam mengubah strategi mengajarnya, ini dapat mencegah terjadinya keributan pada siswa.

  1. Penekanan pada hal-hal yang positif 

 

Pada dasarnya dalam mengajar dan mendidik, guru harus menekankan pada hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian pada hal-hal yang negatif. Penekanan pada hal-hal yang positif yaitu penekanan yang dilakukan guru.

  1. Penanaman disiplin diri 
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline