Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Akmal Mukhasibi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Mahasiswa KKN UMP 2024 Desa Majalangu Cegah Kekeringan dengan Melaksanakan Penanaman 50 Bibit Pohon Beringin

Diperbarui: 11 September 2024   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto sebelum pelaksanaan penanaman pohon/dokpri

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) tahun 2024 yang bertugas melakukan pengabdian di Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang mengadakan aksi nyata dalam upaya mencegah kekeringan dengan menanam 50 bibit pohon beringin. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 Agustus 2024, di area Bukit Banowati sekitaran sumber mata air.

Penanaman pohon beringin ini dilakukan bersama Pemuda Pecinta Alam Desa Majalangu kemudian dihadiri dan dibantu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN UMP serta mahasiswa dari UIN GUSDUR Pekalongan. Kehadiran dari berbagai pihak dalam kegiatan ini menunjukkan sinergi yang kuat antar lembaga dalam mewujudkan lingkungan yang lebih baik.

Pohon Beringin adalah salah satu jenis pohon yang berpotensi sebagai pelindung air, merupakan jenis tanaman konservasi air yang dapat menyimpan dan mendekatkan air ke permukaan tanah, sehingga diharapkan dapat membantu menjaga ketersediaan air tanah di desa ini.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan merawat pohon yang sudah ditanam agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang. Kemudian penanaman pohon ini juga diharapkan untuk menjadikan Desa Majalangu lebih hijau dan ramah lingkungan.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Mereka berharap agar program seperti ini dapat terus dilakukan demi kesejahteraan lingkungan dan kehidupan masyarakat di Desa Majalangu.

foto saat penanaman pohon/dokpri

foto bersama pemuda, dpl dan mahasiswa uin gusdur pekalongan/dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline