Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Ahlun

Mahasiswa Di Universitas islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten

TEKNOLOGI HOLOGRAM : OPTIMALKAN PENDIDIKAN DEMI MASA DEPAN

Diperbarui: 18 Desember 2023   13:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.parapuan.co/read/533269842/10-perusahaan-startup-education-technology-di-indonesia-ruangguru-hingga-pahamify?page=3

saya adalah Mahasiswa UIN SMH BANTEN dari Jurusan Komunikasi penyiaran dan islam.
 Saya menulis esai ini  dengan tujuan untuk memaparkan pemikiran saya tentang pesatnya penggunaan dan eksploitasi teknologi dalam pendidikan saat ini.
 Saya juga ingin memenuhi tanggung jawab saya sepenuhnya atas tugas mata kuliah Pertecom (Pengembangan Teknologi dan Informasi) yang akan saya ikuti dalam kuliah  ini.


 Teknologi holografik mempunyai potensi besar untuk mengoptimalkan  masa depan pendidikan.
 Penggunaan teknologi hologram dalam pembelajaran dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pengalaman belajar bagi siswa dari berbagai usia.


 Selain itu, penggunaan teknologi hologram untuk pembelajaran di tingkat dasar dapat meminimalkan keterbatasan spasial dan temporal serta  meningkatkan keterampilan digital siswa.
 Selain itu,  penelitian  menunjukkan bahwa teknologi hologram 3D merupakan alat visualisasi yang efektif dan memiliki potensi besar dalam pendidikan.


 Dalam konteks implementasi, teknologi hologram dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif dan portabel yang memungkinkan siswa melihat langsung objek 3D.
 Oleh karena itu, teknologi hologram dapat dioptimalkan dalam berbagai aspek pembelajaran, mulai dari visualisasi objek 3D hingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif.
 Memanfaatkan potensinya, teknologi hologram dapat menjadi alat  solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di masa depan.


 Jika diterapkan secara sempurna, manfaat hologram juga dapat diwujudkan dalam bidang pendidikan.
 Hologram dapat ditampilkan melalui teknologi lain seperti layar LED, komputer, dan ponsel pintar.
 Semua siswa dapat merasakan pembelajaran dengan teknologi hologram.
 Anda juga  dapat menggunakan teknologi  masing-masing dengan bantuan cahaya untuk menampilkan gambar asli hologram.
 Guru juga  membimbing dan membimbing siswa dalam proses pengajaran.
 Guru dapat menggunakan komputer atau layar LED untuk menampilkan gambar hologram.
 Belajar dengan cara ini memberikan rasa puas dan menimbulkan minat dalam kelas.
 Ketika mempelajari cara menggunakan hologram, siswa  cenderung berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran karena mereka merasakan cara belajar baru yang sangat menarik.
 Gambar yang ditampilkan bersifat tiga dimensi dan terlihat lebih realistis sehingga memungkinkan siswa tidak  hanya belajar di dunia maya, tetapi juga merasakannya.
 Siswa mampu berinteraksi langsung dengan objek pembelajaran.


 Pembelajaran Hologram sangat cocok untuk pembelajaran semua siswa.
 Apalagi dalam pembelajaran tentang kerangka manusia dan hewan, teknologi hologram dapat sangat membantu siswa dalam mengidentifikasi asal usul kerangka.
 Oleh karena itu, pembelajaran dengan menggunakan teknologi hologram perlu dikembangkan lebih lanjut dan  menjadi metode yang patut dipertimbangkan dalam proses pembelajaran.
 Teknologi Hologram membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik, imersif, dan efektif, sehingga memberikan kontribusi positif bagi generasi mendatang dalam mengatasi tantangan masa depan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline