Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Afdhal

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Vietnam vs Thailand, Final Piala AFF 2022

Diperbarui: 12 Januari 2023   19:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image caption : Vietnam vs Thailand Piala AFF 2022. (12 Januari 2023) 

Di turnamen final untuk memimpin Vietnam, Pelatih Park Hang Seo membawa "Golden Star Warriors" ke final Piala AFF 2022. Kejuaraan itu tidak akan menjadi hadiah perpisahan yang berarti yang bisa diberikan oleh ahli strategi Korea untuk para penggemar.

Lawan Vietnam Tel di final Piala AFF 2022 akan menjadi rival berat Thailand. Ini adalah pertarungan yang paling ditunggu antara dua tim terkuat di Asia Tenggara saat ini.

Setelah 14 tahun, penggemar Asia Tenggara sekali lagi menyaksikan final "Super Klasik" antara Vietnam dan Thailand. Pada tahun 2008, "Golden Star Warriors" dengan sangat baik mengalahkan tim Kuil Emas dengan skor total 3-2 setelah 2 pertandingan untuk memenangkan Piala AFF untuk pertama kalinya.

Thailand juga lawan yang layak dari Pelatih Park Hang Seo di Asia Tenggara. Dalam pencapaiannya yang masif, "War Elephants" menjadi kesedihan terbesar pemimpin militer berusia 64 tahun itu saat menjadi lawan yang membuatnya merasakan kekalahan untuk pertama kalinya.

Sejak bergabung dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) pada 2017, Pelatih Park Hang Seo telah menjalani 63 pertandingan tanpa kalah melawan lawan dari Asia Tenggara di level nasional dan U23. Satu-satunya kegagalan ahli strategi Korea itu adalah kekalahan 0-2 Vietnam Tel dari Thailand di semifinal Piala AFF 2020.

Di antara tiga lawan di Asia Tenggara, Vietnam Tel berkali-kali mengalahkan Malaysia dan Indonesia di bawah Coach Park. Namun dengan Thailand dan Vietnam, pelatih Park Hang Seo hanya menang 1 kali di turnamen persahabatan Piala Raja 2019. Selebihnya, Vietnam Tel imbang 3 kali dengan lawan ini dengan skor 0-0 dan kalah 1 pertandingan dengan skor dari 0-0. angka 0-2.

Laga pamungkas Piala AFF 2022 akan menjadi kesempatan bagi Pelatih Park Hang Seo untuk melunasi utangnya di hadapan pelatih Mano Polking di level timnas. Ahli strategi Jerman adalah pelatih kepala Thailand, yang mengalahkan Vietnam di semifinal Piala AFF 2020, dan kemudian memenangkan kejuaraan.

Thailand baru saja mencetak rekor baru dengan 10 kali bermain di final Piala AFF. Dalam 9 kali sebelumnya, tim Kuil Emas menang 6 kali pada tahun 1996, 2000, 2002, 2014, 2016 dan 2020.

Vietnam telah memiliki 4 kali ke final Piala AFF dan memenangkan 2/3 dari penampilan. Satu-satunya kekalahan tim kami terjadi pada tahun 1998 saat kalah dari Singapura (0-1) di Stadion Hang Day. Sedangkan Vietnam Tel dinobatkan 2 kali terakhir pada tahun 2008 dan 2018.

Pelatih Park Hang Seo adalah orang pertama yang membantu Vietnam Tel mencapai final Piala AFF dua kali, dan berharap penguasa Kimchi akan menikmati kegembiraan sebelum berpisah dengan sepak bola Vietnam setelah 5 tahun terikat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline