Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Adhitya A

Alumni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung

Diterimanya Amal Sholeh Menurut KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)

Diperbarui: 30 September 2023   10:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aa Gym (foto: JawaPos.com)

Tidak ada yang lebih penting dalam hidup ini selain apapun yang dilakukan diterima oleh Allah sebagai amal sholeh, karena yang jadi bekal kalau kita sudah mati adalah amal sholeh kita. Kita harus berusaha keras sebelum beramal meluruskan niat agar apapun yang kita lakukan lillahi ta ala karena setiap amal Innamal a'malu binniyat setiap amal itu tergantung dari niatnya. Sebelum beramal kita harus sangat bertanya, bagaimana shalat kita barusan? Niat yang menentukan. Qabla Subuh, Tahyatul Masjid, dan shalat subuh sama dua rakaat, yang membedakan adalah niatnya.

Ketika sedang beramal berusaha keras agar tidak belok niat kita, jangan sampai ada kesenangan dengan pujian makhluk dibanding ingin diterima oleh Allah. Dan jikalau sudah selesai beramal hati-hatilah jangan sampai merasa ini adalah jerih payah saya., ini adalah perjuangan, ini adalah kegigihan saya tidak ada. Kalau sudah selesai cuma satu saja Min Fadli Rabbi semua ini hanyalah karunia Allah. Mari kita berusaha sekeras mungkin sekuat tenaga untuk menghilangkan rasa berjasa, rasa sudah berbuat, rasa sudah berjuang, rasa sudah berkorban, karena yang ada semuanya karunia Allah saja.

Semakin kita merasa ini jerih payah kita sendiri maka semakin hilang pahalanya tapi semakin merasa bahwa semua karunia hanyalah kemurahan Allah semoga semakin utuh ganjarannya. Jangan mengingat- ngingat jasa dan kebaikan, jasa menyebut-nyebutnya, dan jangan menuntut orang lain membalas kebaikan kita. Kita terpilih bisa berbuat baik pun sudah nikmat yang luar biasa.

Semoga Allah selalu menyadarkan kita untuk menjaga hati sebelum, sedang, dan sesudah beramal Aamiin Ya Rabbal Aalamiin

Referensi : Kutipan Ceramah KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline