Lihat ke Halaman Asli

Apa sih Arsitektur Jaringan Komputer ? mari kita pelajari bersama

Diperbarui: 17 Desember 2022   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apa itu ARSITEKTUR JARINGAN KOMPUTER ?

Menurut Para Ahli, ARSITEKTUR JARINGAN KOMPUTER merupakan suatu penataan atau penerapan terhadap sebuah elemen , oleh karena itu fungsi dari setiap elemen yaitu melakukan hubungan antara elemen karena dibutuhkan untuk melakukan sebuah komunikasi data, oleh sebab itu elemen yang ada dalam suatu Arsitektur Komunikasi Data, ia dapat melakukan sebuah pertukaran atau perbaikan. Dengan demikian, tanpa harus menukar elemen elemen yang lainya.

ada beberapa ARSITEKTUR FISIK JARINGAN KOMPUTER berdasarkan dengan skala :

LAN (local area network)

LAN biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer yang berada dalam sebuah area atau ruangan yang tidak terlalu besar atau lebih tepat nya kecil , seperti di dalam suatu gedung atau Universitas .biasanya LAN berfungsi untuk menghubungkan dua komputer atau lebih agar dapat memindahkan file dari komputer satu ke komputer lainya, dengan kecepatan rata rata LAN bekerja biasanya mulai 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps saja. Dengan demikian. kelebihan LAN membuat transfer data berlangsung lebih cepat. sedangkan kekurangan LAN membuat koneksi menjadi terbatas.

MAN (metropolitan area network)

MAN biasanya digunakan jaringan komputer untuk mencakup area kota yang tentunya lebih luas dan lebih canggih dari LAN. MAN berfungsi memenuhi kebutuhan internet pada sebuah perusahaan , hal ini MAN dapat melakukan kegiatan untuk bertukar informasi baik E-mail maupun media lainya dengan menggunakan sebuah Bandwith lokal. Dengan demikian, Kelebihan MAN yaitu untuk mempermudah dan melancarkan urusan bisnis, dan keamanan komunikasi menjadi lebih baik. sedangkan kekurangan MAN yaitu sangat mungkin dirusak oleh oknum atau perorangan yang tidak bertanggung jawab demi keuntung sebuah oknum atau keuntungan pribadi.  

WAN (wide area network)

WAN merupakan jaringan komputer yang wilayah cakupan nya sangat luas , WAN dapat mencakup satu negara bahkan benua dengan kecepatan rata rata WAN 625 Mbps bahkan lebih dari itu . WAN berfungsi sebagai sarana  Komunikasi menjadi lebih cepat dan lebih mudah, agar dapat terhidar dari miskomunikasi. Dengan demikian, kelebihan WAN sebagai sarana  berbagi informasi dengan cakupan yang lebih luas dari LAN dan MAN. sedangkan kekurangan WAN  harga mengenai biaya oprasional nya relatif lebih mahal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline