Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Abid Fajar

Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Hamka

Bisnis Modern Lewat E-Commerce

Diperbarui: 20 Januari 2021   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Penggunaan internet dalam bisnis mengalami perkembangan, dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, seperti: pemasaran, penjualan, dan pelayanan pelanggan.(“PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM BISNIS,” 2000). Pemasaran di Internet sering kali melewati batas, batas negara, dan tidak memiliki aturan tetap. Sementara itu, dalam pemasaran konvensional, arus barang dalam kelompok besar melalui peti kemas, distributor, lembaga penjaminan, importir dan lembaga perbankan, serta melalui pelabuhan. Pemasaran konvensional lebih terlibat daripada pemasaran Internet. Pemasaran di Internet sama dengan pemasaran langsung, dalam pemasaran langsung, meskipun penjual berada di luar negeri, konsumen langsung berhubungan dengan penjual.


Bisnis modern adalah bisnis yang saat ini sedang berkembang dengan realita yang amat komplek. Sekarang ini masyarakat lebih banyak memilih untuk berbisnis dibandingkan dengan pekerjaan yang lainnya, rasulullah juga menganjurkan untuk berwirausaha.


E-Commerce merupakan salah satu dari perkembangan teknologi dan internet. E-Commerce merupakan sebuah layanan internet yang dimanfaatkan untuk jual-beli secara online.(Nugroho, 2016). Dengan majunya perkembangan zaman, jual beli juga ikut berevolusi. Hadirnya  e-commerce membuat jual beli begitu mudah dilakukan, karena banyak barang yang dijual diberbagai daerah ataupun barang impor bisa dibeli langsung tanpa harus bertatap muka dengan penjualnya. Oleh karena itu e-commerce menjadi pintu awal bisnis tersebut menjadi besar.


Pada praktiknya, di dalam e-commerce terdapat beberapa komponen standar yang mendukung proses operasionalnya, diantaranya adalah:

1. Produk
E-commerce mendukung penjualan berbagai jenis produk, mulai dari produk fisik hingga produk digital

    Produk digital: ebook membership, software, musik, dan lain-lain
    Produk fisik: buku, pakaian, gadget, makanan, dan lain-lain

2. Tempat Menjual Produk
Kegiatan e-commerce dilakukan di internet, maka dibutuhkan domain dan hosting untuk membuat website sebagai media pemasaran .

3. Cara Menerima Pesanan
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meneriman pesanan. Diantaranya adalah dengan memanfaatkan email, telepon, SMS, Chatting ,dan lain-lain.

4. Metode Pembayaran
Beberapa metode pembayaran e-commerce pada umumnya menggunakan transfer via ATM, kartu kredit, COD, e-payment.

5. Metode Pengiriman
Cara pengiriman barang e-commerce di Indonesia biasanya menggunakan jasa pengiriman barang (JNE, TIKI, Pos Indonesia, dan lain-lain). Namun, ada juga yang menggunakan jasa antar dari Ojek Online.

6. Customer Service
Layanan pelanggan merupakan komponen yang sangat penting dalam operasional e-commerce. Aktivitas ini umumnya dilakukan melalui email, formulir online, FAQ, telepon, chatting, dan social media.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline