Lihat ke Halaman Asli

Memilih Sastra

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sastra, ya namanya memang sastra. Bidang ilmu yang satu ini memang tidak akan pernah lapuk untuk dikaji. Lingkupnya yang luas serta kemolekan diskusi tentangnya sangat menarik perhatian banyak orang. Sastra sangat identik dengan estetika. Nilai-nilai keindahan adalah bidang yang memang ditonjolkan dari sastra. Eksistensi sastra sangat mempengaruhi keberlangsungan hidupa para manusia. Satra menjadikan hidup lebih hidup. Sastra membuat hidup menjadi lebih indah. Sastra membuat manusia lebih manusia. Dan sastra membuat manusia berbeda dari makhluk yang lainnya.

Jika kita membicarakan sastra, maka akan terbersit dalam pikiran kita bahwa sastra adalah ungkapan puitis dan romantic yang meliuk-liuk dalam rangkaian kata yang serba indah nan menawan. Ya memang begitulah sastra. Semuanya terangkum dan terungkap dalam keanggunan bahasa. Diksi yang dipakai, pola kebahasaan dan relasi perkata adalah hal-hal yang diperhatikan dalam menghasilkan suatu karya satra. Satra adalah imajinasi, kata sebagian orang. Memang, sastra adalah bagaimana kita berimajinasi, berangan-angan dan menerbangkan pikiran kita ke alam antah berantah kemudian mengaktualisasikannya dalam bentuk kata-kata. Kata-kata yang mampu menembus alam bawah sadar. Mempunyai makna tersirat yang sangat dalam.Terkadang, banyak sekali pembaca yang tidak dapt menangkap pesan si penulis karena tingkat kedalaman maknanya.

Sastra adalah bentuk ekspresi kebebasan. Bebas berkarya dalam mengekspresikan apa yang dalam otak dan juga hati. Ekspresi emosional yang tercangkup dalam kebahagiaan, kesedihan, kemarahan, ketenangan jiwa, kebencian, kesenangan, kegundahan, dan lain sebagainya. Hal ini semua menjadi ladang subur bagi sastra untuk mengambil peran.

Di dunia ini hanya ada tiga macam orang berhubungan dengan sastra itu sendiri. Satrawan yaitu orang yang menciptakan sastra itu sendiri, penikmat sastra yaitu orang yang hanya mengkonsumsi sastra dan kritikus sastra yaitu orang-orang yang menganalisa dan mengkritik karya sastra. Apa kategori kamu ? pilihlah dengan bijaksana…




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline