Lihat ke Halaman Asli

Pengaruh Internet Terhadapat Anak Anak Di Zaman Sekarang

Diperbarui: 16 Desember 2023   19:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENGARUH INTERNET TERHADAP ANAK ANAK DI ZAMAN SEKARANG
 
MUHAMMAD NAUFAL HADI MUFLIH
12310413774
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
DOSEN PENGAMPUH:
Vera Sardila M,Pd
 
 
 
       Internet adalah kumpulan atau jaringan dari komputer yang ada diseluruh dunia. Internet (kependekan dari interconnection-networking) secara istilah adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP), memungkinkan pertukaran informasi dan komunikasi antar pengguna di seluruh dunia.
 
      Ahli1 menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah
jaringan komputer yang dapat memberikan layanan informasi secara lengkap,cepat,dan insta. Terbukti bahwa internet dilihat sebagai media yang dapat menjadi rekan bisnis, politik, sampai intertaiment. Semuanya tersaji lengkap di dalam media ini.
     Ahli2 menyatakan bahwa intenet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang fungsinya sangat banyak dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh dunia.
 
     Internet (Interconnected Network ) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Pada awalnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Perbedaannya adalah pada penggunaan firewall bagi jaringan local intranet yang terkoneksi ke internet, agar dapat melindungi asset sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan dari serangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi dengan baik secara independen dari pada internet, karena intranet tidak terhubung dengan jaringan luar.
 
      Dapat di simpulkan bahwa internet adalah kumpulan jaringan komunikasi dari elektronik maupun komputer yang menghubungkn 1 sama lain di seluruh dunia,yang terdiri dari Protocol Suute (TCP/IP).Disebut pencarian informasi atau sumber daya informasi yang bisa di akses seluruh dunia dalam mencari informasi.
 
      Keberadaan internet di Indonesia sebagai media konvergensi, resminya diakui pemerintah yaitu sejak bangsa Indonesia resmi bergabung dengan WSIS bentukan UNESCO. Dengan begitu, Indonesia langsung aktif mengikuti aktivitas pertemuan WSIS, pertama di Swiss tahun 2003 dan kedua di Tunisia tahun 2005. Dengan aktivitas dua pertemuan tadi, bangsa Indonesia tampak langsung berupaya mengejar ketertinggalannya dengan negara-negara yang lebih maju dalam bidang internet seperti negara-negara di Eropa dan Amerika.
 
      anak-anak yang masih dibawah umur atau yang masih dalam proses perkembangan sudah banyak yang memiliki handphone dan mereka sekarang dapat mengakses internet dengan sangat mudah. Aktivitas online yang mereka gunakan termasuk dalam kategori media interaksi dan media informasi. Dari internet mereka tidak akan lepas dari namanya game dan mempunyai hidup yang berbeda di internet. Kebanyakan dari mereka ketika mengakses internet sendiri dirumah. Ini secara tidak langsung dapat menumbuhkan rasa individualis dan penyendiri terhadap anak, ini dikarenakan kecanduan atau ketergantungan anak terhadap handphone dan internet sehingga ia akan lebih merasa nyaman dengan dunianya di internet dibandingkan dengan dunia luar atau lingkungannya

     Tentu kita tahu masa kanak-kanak adalah yang ideal dalam perkembangan anak dalam hall pembentukan sikap dan karakter, maka dari itu seorang anak harus banyak berinsteraksi dilingkukan sekitar dengan bermain dengan teman-teman sebavanva. Namun kini fakta yang terlihat justru berbanding terbalik, kebanyakan anak-anak sekarang lebih nyaman di dalam rumah daripada bermain diluar, ini di sebabkan karena anak-anak sekarang lebih merasa nyaman bermain di handphone mereka. Kurangnya pengawasan serta kurangnya pembatasan dalam menggunakan handphone memberikan kebebasan bagi anak untuk mengakses apapun yang ada didalam internet seperti membuka media social, bermain game online, dll. tanpa orang tua tahu bahaya yang dapat ditimbulkan oleh internet bagi sang anak.
 
1.Pada aspek perilaku, kecanduan penggunaan gadget maupun penggunaan internet yang lama mengakibatkan anak lebih asyik bermain dengan gadgetnya dari pada sosialisasi bersama keluarga mau pun di lingkungannya,sehingga membuat anak tumbuh dengan hal hal yang tidak semestinya.
 
2.Pada aspek kesehatan fisik dan mental,membuat anak lebih jarang berolahraga dan mengakibatkan tubuh merasa cepat lelah dan tidak bugar dengan begitu kesahatan fisik lebih cenderung terkena penyakit,dengan begitu perlahan lahan mental dari anak semakin lemah di karenakan cenderung terkena penyakit yang keturusan.
 
3.Pada aspek pendidikan,penggunaan internet di luar jam pendidikan membuat anak lupa akan waktu sehingga pendidikan terabaikan membuat anak semakin malas untuk belajar.
 
4.Pada aspek Keuangan,membuat anak lebih mementingkan membeli kouta internet dari pada makanan yang dimana masa pertumbuhan memerlukan nutrisi yang banyak sehingga terpenuhi.
 
 
Internet harus di perhatikan bagi pengguna usia dini yang mengakibatkan akan hal hal yang tidak di inginkn dengan begitu anak anak usia dini dapat hal yang semestinya,dengan begitu tidak ada yang di rugikan bahkan jika penggunaan internet di perhatikan oleh orang tua dapat menimbulkan hal hal yang positif sehingga dampak yang di timbulkan lebih banyak positif daripada negatif.
 
Mencegah penggunaan internet yang berlebihan dapat dilakukan dengan beberapa hal,dengan begitu hal hal negatif yang di timbulkan tidak akan terjadi.Apabila penggunaan internet yang berlebihan tidak di cegah maka hal hal buruk pasti akan terjadi dengan begitu anak anak generasi sekarang memiliki pola pikir yang rendah untuk kedepanya.Untuk mengurangi hal hal yang bersifat berlebihan di perlukan mencegah kecanduan bermain internet.
 
 
CARA UNTUK MENCEGAH BERMAIN INTERNET
 
 
1.Tetapkan Waktu Bermain,Bataskan waktu untuk bermain dalam sehari yang tidak lebih dari 1+jam per hari dan disiplin waktu agar bisa membagi untuk waktu belajar.
 
2.Hindari Bermain Larut Malam,Hindari bermain di saat malam hari yang mengakibatkan pola tidur terganggu dan menurunnya kesehatan tubuh
 
3.Aktivitas lainnya,Aktivitas lainnya adalah menyibukan diri agar niat kita tidak tertuju kepada internet semata sehingga perhatian kita teralihkan dan tertuju kepada hal hal yang lebih bermanfaat.
 
4.istirhat Yang Teratur,istirhat teratur membuat tubuh semakin bugar dan tidak mudah lelah.
 
5.Ajak Teman Ikut Serta Dalam Akademis.Ikut serta dalam hal akadamesi banyak hal yang bisa dilakukan terutama belajar bersama dan mengikuti kegiatan sosial sehari hari.
 
6.Komunikasi,Komunikasi sebagai orang tua yang mengingatkan anaknya dapat mengurangi hal yang membuat kecanduan bermain internet dengan begitu orang tua dapat lebih banyak bersama anak.
 
7.Menempatkan Prioritas,Menempatkan hal yang prioritas seperti belajar mau pun hal hal yang wajib bagi kita membuat kita beralih dengan hal hal lain selain bermain internet.
 
Dari pencegahan di atas di harapkan bagi anak anak zaman sekarang dapat mengurangi bermain dengan internet yang dimana internet bisa berakibat buruk terutama bagi anak usia dini.Generasi muda bagi negara adalah tanggung jawab yang besar bagi orang tua yang dimana generasi muda tersebut adalah penerus bangsa yang membuat suatu negara lebih maju.
 
 
 
 
 
REFERENSI
 
Aheniwati,2019,Pengaruh Internet Bagi Anak, Universitas Kristen Satya Wacana
 
Karlina,2020,MENGENAL DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET BAGI ANAK
 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline