[caption caption="Foto seijin manajemen Mini Refinery Plant TWU di Bojonegoro."][/caption]HARGA MINYAK MENTAH
Harga minyak mentah dunia memang menoreh sejarah yang spektakuler, dari harga yang sempat mencapai 140 dolar AS per barel pada tahun 2008 terus menukik tajam terutama di tahun 2015 yang lalu. Pergerakan harga anjlok ke bawah tersebut semakin menjadi-jadi pada tgl. 20 Januari 2016 ini dan semakin turun diawal Februari 2016, hingga mencapai angka USD 26/barel. Bahkan trend nya bearish. (Lihat Gambar grafik 1 dan Gambar grafik 2 diambil dari nasdaq.com)
Harga minyak dunia yang semakin anjlok dan berlimpahnya pasokan minyak dari negara-negara produsen minyak utama dunia memberikan kondisi ketidakpastian tersendiri bagi perekonomian banyak negara. Anggaran Pendapat dan Belanja Negara (APBN) 2016 pemerintah Republik Indonesia dan patokan harga minyak mentah Indonesia (ICP) pun berpotensi akan direvisi. ICP (Indonesia Crude Price) dipatok sebesar 50 dolar AS per barel dalam APBN 2016.
DELIVERY COST
Delivery cost (biaya angkut) dari mulai mulut sumur tambang minyak, kemudian dikirim sampai ke kilang minyak (refinery) diluar negeri dengan menggunakan kapal tanker dan kemudian jika sudah di proses di kilang minyak di luar negeri di kirim lagi ke dalam negeri..... nah biaya ongkos angkut keseluruhan bisa mencapai hingga UD 30/barel. Memang delivery cost nya itu bervariasi. Namun yang patut digaris bawahi adalah adanya delivery cost yang harus diperhitungkan.
Ketika harga minyak sedang tinggi dan booming seperti di tahun 2008 yang mencapai USD 140/barel, maka delivery cost sebesar yang disebutkan diatas sekalipun tidak mengapa. Namun, dalam situasi seperti saat ini maka hal tersebut sudah tidak layak lagi.
KILANG MINYAK DI DALAM NEGERI
Kapasitas produksi Pertamina saat ini adalah sekitar 800 ribu barel per hari (bph) sementara kebutuhan minyak kita adalah 1,6 juta barel per hari (bph). Nah sisanya dari mana? Impor!
Pembangunan kilang di Indonesia menjadi keharusan karena konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mencapai 1,6 juta bph, sementara kapasitas produksi kilang yang dimiliki pemerintah melalui Pertamina hanya 1,05 juta bph. Itupun tidak bisa beroperasi penuh karena sebagian besar kilang telah udzur. Produksinya yang riel adalah sekitar 800 ribu bph.
Kilang Balongan di Indramayu merupakan kilang paling muda dan memberikan keuntungan dibangun 21 tahun lalu. Sementara kilang-kilang lainnya yang dibangun pada 1970-an hanya memberi keuntungan kecil.
Pembangunan kilang baru bisa mengurangi impor BBM yang terus melonjak setiap tahun. Dengan pertumbuhan konsumsi BBM sebesar 5 persen per tahun, pada 2018 kebutuhan BBM di dalam negeri diperkirakan mencapai 77 juta kiloliter (kl). Tanpa pembangunan kilang baru, ketersediaan stok aman BBM di dalam negeri hanya sebesar 40 juta kiloliter.