Lihat ke Halaman Asli

Peran Teknologi dan Internet pada Efektivitas Pembelajaran di Era Milenial

Diperbarui: 30 Desember 2022   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MUHAMMAD FIQIH

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

mfiqih039@gmail.com

"PERAN TEKNOLOGI DAN INTERNET PADA EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN DI ERA MILENIAL"

Perkembangan teknologi dan internet pada era ini sudah sangat maju dan berkembang di semua usia kalangan masyarakat. Dalam kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi dan internet mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan internet, komunikasi sekarang dilakukan melalui perangkat atau media elektronik, memudahkan pelajar ataupun masyarakat untuk berhubungan dan berkomunikasi dengan orang-orang di luar daerah maupun pelosok negeri sekalipun Noegroho Agoen (2010).

Manfaat intenet yang begitu banyak dalam kehidupan pelajar untuk menambah wawasan dan pengetahuan pelajar tentang berkomunikasi secara benar dan baik dengan langsung dan berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Salah satu manfaat yang dapat di ambil dari internet adalah kita mengirim pesan bisa melalui email, bisa berkomunikasi dengan orang lain dan menanyakan keadaan yang sedang terjadi. (e-journal "Acta Diurna" Volume V. No.1. Tahun 2016)

Jhon Dewey (2003: 69) Pendidikan merupakan jalan pembentukan karaketristik dan sikap sesama manusia. Pendidikan berperan penting untuk perubahan pola pikir manusia dan sosial, bukan hanya pendidikan formal dan nonformal saja yang diperlukan di era milenial, pendidikan karakter juga perlu untuk membangun sikap dan moral karakter pada remaja milenial saat ini.

Internet menjadi kebutuhan harian dan sulit untuk ditinggalkan. Hampir semua aktifitas harian yang dilakukan oleh manusia beraktifitas tidak bisa tanpa internet. Tidak hanya dikalangan yang bekerja di kantor, ibu rumah tangga saat ini juga mengandalkan internet dalam mendidik dan bahan edukasi untuk anaknya. Di dunia pendidikan, terutama pada sistem aktifitas belajar dan mengajar guru juga menggunakan internet sebagai proses pembelajaran efektif.

Penggunaan internet dan teknologi informasi pada dunia pendidikan saat ini banyak memberikan manfaat kepada khususnya kalangan remaja milenial saat ini. Dengan adanya internet semua wawasan dan sumber pengetahuan menjadi luas,namun masih banyak saja kalangan milenial yang tidak memanfaatkan media tersebut dengan tidak efektif. 

Pendidikan saat ini khususnya pada era milenial perlu diimbangi dengan media sosial khususnya melalui internet,yang dimana agar menciptakan pengetahuan dan mekanisme pembelajaran yang lebih maju dan efisien. Dalam hal menghindari sisi negatif dari internet itu sendiri, perlu diadakannya sosialisasi atau kebijakan dalam menggunakan internet yang baik dan benar. 

Sistem ini harus diimbangi dengan media komunikasi yang bersifat multimedia, terutama sejak pertama kalinya ditemukannya media komunikasi tersebut. Dengan akses ke Internet setiap saat dan kapan saja, pelajar bisa menggunakan program edukasi yang ada di internet kapan saja. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline